Biaya Operasi Mata Katarak

  16 Apr 2021

  33,846 Views

Share
Gambar pasien yang sedang menjalani operasi katarak di JEC - Solusi pengobatan terbaik dengan harga operasi katarak terjangkau

Sebelum melakukan tindakan penyembuhan katarak, pasti Anda bertanya-tanya mengenai besar biaya operasi mata katarak. Tenang, Anda akan segera mengetahui informasi mengenai biaya operasi katarak melalui artikel ini.

Katarak merupakan gangguan mata ditandai dengan lensa mata yang berkabut. Bila dilihat secara kasat mata, akan didapati warna keabu-abuan pada lensa mata. Sedangkan penderita katarak pun akan mengalami gangguan penglihatan yang bisa berujung pada kebutaan.

Penderita katarak paling banyak ialah dari para lansia. Proses penuaan mengakibatkan organ mata tidak bekerja secara maksimal. Lensa mata yang awalnya jernih, lama-lama bisa menjadi keruh akibat gumpalan protein yang menutupinya.

Semakin lama, gumpalan semakin menebal dan menutupi lensa mata. Alhasil, cahaya yang harusnya bisa masuk dan diterima retina, akhirnya terhalang. Maka penglihatan pun lama-kelamaan akan berkurang.

Tidak heran bila penderita katarak mengeluh mengalami penurunan kualitas penglihatan. Untuk itu, pemeriksaan rutin terhadap mata harus dilakukan. Jadi bilamana ditemui tanda-tanda katarak, dokter bisa segera memberikan tindakan tepat.

Salah satu tindakan paling efektif ialah melalui prosedur operasi katarak. Nah, kita akan membahas biaya operasi katarak supaya pasien bisa mempersiapkan diri ketika hendak mengambil tindakan ini.

Operasi Katarak dan Biaya Operasi Mata Katarak

Apa itu operasi katarak? Operasi katarak ialah tindakan operasi yang dilakukan untuk mengatasi penyakit katarak. Lensa mata yang mengalami katarak tampak keruh dan mengganggu pandangan, maka lensa tersebut akan diambil dan diganti dengan lensa buatan.

Sebelum menjalani operasi katarak, Anda diharuskan menjalani pemeriksaan USG untuk mengukut bentuk dan ukuran bola mata. Tujuan dari pemeriksaan ini yakni untuk memperkirakan ukuran lensa yang akan dipasang saat tindakan operasi.

Selain itu, pastikan Anda memberitahu dokter bila tengah mengonsumsi obat-obatan tertentu. Bila Anda mengonsumsi obat, misalnya obat pengencer darah maka dokter akan meminta Anda untuk mengonsumsi obat itu untuk sementara. Dan sebelum operasi Anda akan diminta untuk berpuasa.

Lantas, berapa besar biaya atau harga operasi mata katarak?

JENIS PAKET OPERASI BIAYA OPERASI
PAKET OPERASI KATARAK + LENSA NON ASPHERIC Rp 16.830.000
PAKET OPERASI KATARAK + LENSA ASPHERIC Rp 18.130.000
PAKET OPERASI KATARAK + LENSA TORIC Rp 24.280.000
PAKET OPERASI KATARAK + LENSA MULTIFOKAL Rp 28.280.000
PAKET OPERASI BLADELESS LASER CATARACT SURGERY + LENSA MONOFOKAL Rp 29.780.000
PAKET OPERASI BLADELESS LASER CATARACT SURGERY + LENSA MULTIFOKAL Rp 39.980.000

 

Bila Anda merencanakan untuk mengambil tindakan operasi, Anda paling tidak harus mempersiapkan budget sebesar 17 juta rupiah. Biayanya bila lebih atau kurang tergantung dari kondisi mata Anda.

Bila Anda gangguan mata lain, tentu dokter harus mengatasi gangguan itu terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan operasi. Bila tidak ada gangguan, tindakan operasi katarak bisa segera dilakukan sehingga Anda akan lebih dekat menuju kesembuhan.

Kapan Saat untuk Melakukan Operasi Katarak (Tanda-Tanda Mata Katarak)?

Tidak semua katarak disarankan untuk dilakukan tindakan operasi, tetapi Anda harus segera dioperasi ketika mengalami tanda-tanda mata katarak seperti di bawah ini:

  • Mengalami gangguan penglihatan
  • Sulit membedakan warna benda di sekitar
  • Kesulitan melihat benda terang, misalnya lampu
  • Mengalami rabun jauh (miopi)
  • Penglihatan berubah menjadi ganda

Bila tanda-tanda seperti itu mulai Anda rasakan, maka segera lakukan pemeriksaan. Pasti dokter akan menyarankan untuk segera melakukan tindakan operasi katarak.

Risiko Operasi Katarak

Setelah mengetahui besar biaya atau harga operasi mata katarak pasti Anda ingin tahu risiko apa yang terjadi setelah melakukan operasi katarak. Tindakan operasi ini dinilai aman dan memiliki tingkat keberhasilan tinggi, tetapi Anda pun harus bersiap-siap bila terjadi risiko terburuk.

Beberapa risiko yang bisa terjadi setelah melakukan tindakan operasi katarak antara lain:

·         Peradangan dan infeksi mata

·         Perdarahan pada mata

·         Lensa buatan bisa lepas

·         Munculnya katarak sekunder

·         Penurunan kelopak mata

·         Pembengkakan mata

·         Glaukoma

·         Kebutaan

Anda tidak perlu takut dan cemas, risiko tersebut sangat jarang terjadi. Maka Anda tidak perlu bingung dan cukup fokus mempersiapkan dana setelah tahu besar biaya atau harga operasi mata katarak. Semoga segera mendapat kesembuhan!

icon-doctor