Mohon Tunggu ..

Cara Mengurangi Mata Minus Yang Sudah Tinggi

  02 Dec 2022

  112 Views

Share

Memiliki mata minus memang cukup mengganggu dalam aktivitas harian seperti berolahraga, karena penderitanya jadi tidak bisa melihat objek dengan jelas. Apalagi kalau mata minusnya sudah tinggi. Lalu, adakah cara mengurangi mata minus yang sudah tinggi? Meskipun tidak berbahaya bagi kesehatan, tapi gangguan mata minus bisa mengganggu berbagai aktivitas sehari-hari. Apalagi jika penderitanya masih berusia muda.

Gangguan penglihatan sebaiknya dilakukan pemeriksaan secara berkala ke dokter spesialis mata. Meskipun tidak bisa secara alami dalam menghilangkan atau mengurangi mata minus, Anda dapat mengambil tindakan medis. Mata minus atau rabun jauh ini adalah kondisi dimana cahaya jatuh di depan retina mata.

Bagaimana Cara Mengurangi Mata Minus Tinggi?

Mata minus tidak bisa diobati dengan cara alami, itulah kenapa sebaiknya Anda melakukan pencegahan sejak dini. Tapi jika mata terlanjur minus dan sudah tinggi, Anda bisa menguranginya dengan tindakan medis. Misalnya dengan sinar laser. Berikut penjelasannya:

  • Laser Assisted Epithelial Keratomileusis (LASEK)

LASEK adalah salah satu cara untuk mengurangi mata minus. Caranya dengan menyayat epitel kornea supaya permukaannya lebih mudah untuk diubah posisinya dan kemudian melakukan Laser pada mata. 

  • Laser-Assisted In Situ Keratomileusis (LASIK)

Selanjutnya adalah LASIK yang hampir sama dengan LASEK, dengan melakukan laser pada kornea mata sehingga cahaya jatuh tepat pada retina. Cara ini juga aman dan efektif untuk menurunkan mata minus, dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

  • ReLEx SMILE

Merupakan tindakan laser dengan sayatan yang sangat kecil pada kornea, sehingga waktu penyembuhan menjadi lebih cepat, dan pasien dapat dengan cepat kembali melakukan aktivitas sehari-hari. 

Tips Agar Mata Minus Tidak Bertambah Parah

Ada juga sejumlah tips alami yang bisa Anda lakukan untuk mencegah mata minus bertambah parah. Beberapa tindakan berikut ini dapat diterapkan dengan mudah. 

  • Mengonsumsi Makanan Bergizi

Mengonsumsi makanan bergizi sangat baik untuk kesehatan mata, terutama yang mengandung vitamin A dan omega-3 yang tinggi. Cara ini bisa menjaga agar mata minus yang Anda alami tidak akan bertambah parah. 

  • Melakukan Aktivitas di Luar Ruangan

Apakah selama ini lebih banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan? Lebih baik mulai sekarang menambah kegiatan di luar ruangan juga. Berkegiatan di luar ruangan sangat baik untuk mengurangi mata minus, terutama bagi anak-anak, remaja, dan orang yang dewasa. Hal ini karena paparan sinar UV yang dalam batas wajar bisa menjaga struktur bola mata serta kornea supaya tidak sampai rusak.

  • Mengistirahatkan Mata

Selanjutnya adalah mengistirahatkan mata dengan sering. Jangan sampai menatap layar komputer atau gadget terlalu lama, apalagi di ruangan yang gelap. Lebih baik membaca buku atau menatap gawai sewajarnya saja.

  • Menggunakan Kacamata Lensa

Tidak kalah penting adalah menggunakan lensa kacamata yang sesuai, sehingga bisa memperbaiki penglihatan Anda. Tapi jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan kacamata serta memakai yang lensanya sebagaimana resep dokter. Pemakaian lensa kacamata yang tidak sesuai dengan resep bisa berakibat kelelahan pada mata.

Selain itu, rajinlah memeriksa kondisi mata di dokter spesialis mata agar mendapatkan pengarahan yang lebih tepat. Cara mengurangi mata minus yang sudah tinggi di atas juga bisa Anda terapkan dalam keseharian Anda.

icon-doctor