Mohon Tunggu ..

Kenali Jenis-Jenis LASIK dan Ketentuannya

  01 Nov 2021

  846 Views

Share

Dapat melihat dengan jelas tanpa bantuan kacamata bisa menjadi harapan bagi sebagian orang. Saat itu mereka tidak perlu lagi mencari kacamata ketika bangun pagi atau tidak ada lagi lensa berembun yang menghalangi pandangan. Harapan tersebut bisa saja terwujud melalui keajaiban dunia medis yaitu operasi LASIK.

JEC merupakan salah satu rumah sakit dan klinik mata terbaik di Indonesia yang menyediakan layanan LASIK. Kami menjadi tempat pertama yang menghadirkan Laser Vision Correction Center (LVC) di Indonesia.

Apa itu LASIK?

Laser-Assisted In-Situ Keratomileusis merupakan kepanjangan LASIK. Operasi LASIK adalah sebuah prosedur bedah yang memiliki tujuan untuk memperbaiki fungsi kornea mata, yaitu membiaskan (refraksi) cahaya yang masuk ke mata sehingga mata bisa melihat dengan normal.

Pada umumnya prosedur ini ditujukan untuk mengobati kelainan penglihatan, seperti astigmatisme (mata silinder), miopia (rabun jauh), presbiopi. Untuk mengangkat jaringan kornea dokter menggunakan laser khusus. Laser ini berfungsi untuk membentuk kembali serta mengubah daya fokus jaringan kornea mata.

Ada 7 jenis layanan LASIK di JEC yang perlu Anda ketahui. Tentu saja prosedur untuk setiap operasi akan berbeda antara satu dan yang lainnya. Bahkan setiap individu bisa saja menjalani operasi yang berbeda, tergantung pada keluhannya.

Jenis-jenis Layanan LASIK  di JEC, antara lain:

CoZi LASIK

CoZi Lasik merupakan prosedur tingkat lanjut dari IntraLASIK. Ziemer Group yang berlokasi di Swiss adalah perusahaan yang memproduksi teknologi dari CoZi LASIK. Kelebihan dari prosedur ini adalah tidak lagi meninggalkan bekas, bahkan banyak angkatan bersenjata di AS yang merekomendasikan prosedur ini.

7D LASIK

Merupakan teknologi LASIK yang canggih karena dapat menghilangkan kondisi mata astigmatisme, minus, bahkan plus dengan akurasi dan tingkat keamanan yang cukup tinggi.

LASIK XTRA

LASIK XTRA adalah sebuah prosedur tambahan yang dilakukan setelah tindakan LASIK, biasanya 30 detik setelah prosedur LASIK biasa. Hal ini berguna untuk meningkatkan kekuatan kornea mata.

No-Touch LASIK

Dokter akan menyarankan tindakan No-Touch LASIK apabila Anda memiliki minus pada mata di atas 14 atau jika Anda memiliki kornea yang tipis. Prosedur ini dilakukan tanpa menyentuh permukaan kornea.

Microkeratome LASIK (M-LASIK)

M-LASIK adalah sebuah prosedur bedah dengan menggunakan pisau bedah khusus yang sangat kecil.

Advanced Surface Ablation (PRK, LASEK dan EpiLASIK)

Bagi Anda yang memiliki kornea tipis, prosedur ini mungkin tindakan yang paling tepat, namun Anda tetap perlu berkonsultasi langsung dengan dokter. Prosedur ini menggunakan laser untuk memperbaiki kondisi mata astigmatisme, minus, maupun plus dengan meminimalkan sentuhan pada permukaan mata.

Berapa biaya operasi LASIK?

Terkait dengan operasi LASIK harga, setiap rumah sakit/klinik menerapkan biaya yang berbeda-beda, seperti biaya LASIK mata di Semarang akan berbeda dengan biaya LASIK di Surabaya.

Sebagai informasi tambahan, operasi LASIK mata dengan BPJS merupakan hal yang tidak memungkinkan karena BPJS tidak menanggung operasi selain yang bersifat pengobatan.

Apakah operasi LASIK sakit?

Seiring dengan berkembangnya dunia medis modern, sekarang dokter bisa memberikan bius untuk Anda yang memerlukannya. Sesaat sebelum memasuki ruangan operasi, pasien LASIK akan duduk dan diberikan obat bius yang berupa obat tetes mata (tanpa suntikan). Bius dengan tetes tersebut dapat mengurangi rasa sakit saat dilakukan prosedur LASIK

Itu tadi penjelasan singkat mengenai LASIK, jenis, dan biayanya. Apabila Anda berencana untuk melakukan operasi LASIK, sebaiknya Anda segera menghubungi JEC, rumah sakit dan klinik mata terpercaya, untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai operasi LASIK tersebut.

Dimana saya mendapatkan LASIK terbaik di Indonesia?

Anda bisa datang ke Rumah Sakit Mata JEC untuk memperoleh pelayanan operasi mata terbaik dengan teknologi paling mutakhir.

Tim profesional kami akan menunjukkan syarat LASIK mata yang meliputi:

       Usia minimal 18 tahun

       Mata dalam kondisi sehat

       Tidak menggunakan lensa kontak selama satu bulan

       Bukan ibu hamil maupun menyusui

 

Namun jika ada salah satu syarat yang tidak bisa Anda penuhi, dokter profesional kami akan menyarankan jenis LASIK yang paling cocok untuk kondisi Anda. informasi lebih lengkap tentang prosedur mata lainnya bisa Anda akses di https://jec.co.id/id.

 

Sumber:

https://www.alodokter.com/penglihatan-anda-buram-coba-operasi-lasik

https://hellosehat.com/mata/gangguan-penglihatan/lasik-mata/

https://nationallasikcenter.id/lasik/

https://jec.co.id/id/service/lasik

icon-doctor