Cara Mengurangi Mata Minus yang Tepat dan Ampuh

  01 Nov 2022

  96,545 Views

Share

Cara Mengurangi Mata Minus yang Tepat dan Ampuh

Mata minus (miopi) atau rabun jauh memang umum terjadi. Bahkan kebanyakan penderitanya adalah anak muda. Ketika mengalami miopi, penderitanya tidak bisa melihat objek pada jarak jauh. Ini terjadi karena cahaya yang masuk ke mata tidak tepat  jatuh ke retina, penyebabnya adalah bentuk bola yang lebih panjang dari seharusnya. Cara menjaga mata tetap sehat ada beberapa opsi.

Faktanya, mata minus memang tidak bisa kembali normal  secara alami. Tapi ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga  mata tetap sehat. 

Cara Menjaga Mata Sehat

Sebagaimana yang telah dibahas sebelumnya, mata minus tidak bisa kembali normal  dengan alami. Namun, ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk menjaga  mata sehat . Misalnya dengan cara-cara berikut ini:

  • Melihat objek dengan jarak jauh setiap bangun tidur. Lakukan selama 5 hingga 10 menit untuk melatih fokus penglihatan.

  • Melakukan olahraga mata, seperti melihat ke atas, ke bawah, ke samping kanan dan kiri

  • Melakukan pijat mata dari bagian pelipis, lakukan 20 gerakan dengan arah berputar searah jarum jam. 

  • Melatih fokus dengan melihat pulpen dengan jarak 30 cm. Gerakan pulpen 10 cm lebih dekat, lalu kembali ke jarak 30 cm. Lakukan gerakan ini hingga 10 kali.

  • Mengonsumsi makanan yang bergizi dan kaya vitamin A serta vitamin C. 

  • Beristirahat yang cukup setiap hari.

  • Rajin konsultasi dan periksa mata ke dokter spesialis mata.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang dapat menderita mata minus, dimana pada dasarnya kelelahan pada mata yang biasanya didapat dari kebiasaan buruk seperti membaca buku di kurang cahaya atau terlalu dekat, sehingga menyebabkan mata lelah, serta melihat gadget dengan berlebihan atau terlalu dekat.

Selain itu bisa juga dari pola makan yang kurang baik, misalnya KURANG  mengkonsumsi makanan bervitamin yang bagus untuk menjaga kesehatan mata. Faktor lainnya adalah genetik atau keturunan. Apapun faktornya, kondisi mata minus dapat  diatasi dengan langkah medis.

Cara alami mengurangi mata minus memang ada namun tidak dianjurkan. Sedangkan cara alami hanya untuk mencegah kondisi mata minus semakin bertambah parah. Beberapa tips alami lain yang perlu Anda terapkan antara lain:

  • Mendapat Cukup Istirahat

Istirahat yang cukup adalah salah satu cara untuk membuat tubuh selalu bugar, termasuk menjaga kesehatan mata. Istirahat yang paling baik adalah tidur, jadi pastikan mendapat tidur cukup selama 8 jam sehari untuk mendapatkan istirahat yang optimal.

  • Menghindari Menatap Layar Berlebihan

Menatap layar gadget secara terus menerus tidak baik untuk kesehatan mata, karena itu penting sekali menghindari terlalu lama menatap layar. Baik itu layar ponsel, televisi, komputer, dan lain-lain. Jika memang bekerja di depan komputer, sesekali harus mengistirahatkan mata.

Selain itu, yang tak kalah penting adalah dengan konsumsi asupan bergizi, terutama sayur dan buah yang kaya akan  kandungan vitamin.

Cara Mengurangi Mata Minus dan Silinder yang Sudah Tinggi

Anda tahu bahwa kondisi mata minus tidak bisa diatasi secara alami, apalagi kalau sudah tinggi. Tindakan medis untuk mengurangi mata minus yang sudah tinggi adalah dengan LASIK dan juga dengan menggunakan Lensa. Berikut penjelasannya:

  • Laser in situ keratectomy (LASIK)

LASIK dilakukan dengan mengikis bagian epitel kornea dan lapisan yang ada di bawahnya. Cara ini tergolong aman dan efektif untuk ditempuh.

  • Laser epithelial keratomileusis (LASEK)

Pilihan selanjutnya adalah LASEK untuk mengurangi mata yang minus tinggi. Caranya dengan memotong sedikit bagian dari epitel kornea kemudian mengikisnya.

  • Implan Lensa

Implan lensa merupakan jenis terapi yang cukup baru. Cara penerapannya melalui penanaman lensa intraokular ke bola mata bagian dalam supaya cahaya bisa fokus kembali ke retina sehingga penglihatan kembali jelas. 

  • Orthokeratology a

Selanjutnya adalah Orthokeratology a yang tidak perlu operasi, tapi hanya pemakaian lensa kontak supaya lengkungan pada kornea mata bisa membaik secara bertahap. Metode ini bisa membuat cahaya jatuh ke retina dengan tepat, penderitanya juga bisa melihat objek pada jarak jauh dengan jelas. Pemakaian Ortho-K dilakukan saat malam hari pada saat istirahat, dan dilepas ketika bangun di pagi hari, sehingga pada saat beraktivitas, tajam penglihatan mata kembali normal.

Cara Mengurangi Mata Minus Dengan Cepat Menurut Dokter

Mata minus bukan penyakit, melainkan kelainan pada refraksi mata. Penanganan miopi biasanya akan ditangani oleh dokter spesialis mata. Penderita gangguan penglihatan ini akan disarankan untuk memakai kacamata, tindakan LASIK, hingga implan lensa dan Ortho-K.

Tapi jika ingin kesembuhan yang optimal, melakukan operasi dengan sinar laser adalah alternatifnya. Sebagaimana yang telah dibahas, ada LASEK, LASIK. 

Mana cara mengurangi mata minus dengan cepat? Tentu jawabannya adalah langsung memeriksakan mata ke dokter spesialis mata, sehingga dapat diketahui kondisi mata Anda secara menyeluruh.

Cara mengurangi mata minus dan silinder yang paling tepat adalah dengan mengikuti anjuran dokter spesialis mata. Apalagi jika kondisi rabun jauh sudah cukup parah.

icon-doctor