Cara Mengurangi Mata Minus Dengan Cepat

  02 Nov 2022

  3,866 Views

Share

Mata minus atau umum disebut rabun jauh (miopi) merupakan salah satu gangguan mata yang sering terjadi. Dalam kondisi ini, penderita akan mengalami kesulitan saat melihat benda yang berada dalam jarak tertentu. Miopi terjadi ketika cahaya yang telah masuk ke mata tidak jatuh tepat di retina. Penyebabnya karena bentuk bola mata yang lebih panjang dari yang normal. Lalu, bagaimana cara mengurangi mata minus dengan cepat?  

Mata minus tidak dapat disembuhkan dengan cara seperti konsumsi obat herbal, olahraga, maupun pijat. Ada tindakan medis khusus untuk mata minus.

Bagaimana Cara Mengurangi Mata Minus?

Beberapa penyebab mata minus antara lain faktor genetik, kebiasaan melihat layar gadget atau buku terlalu lama, tidak pernah atau jarang beraktivitas di luar rumah, hingga kelahiran prematur.

Mata harus dijaga dengan melakukan beberapa hal, antara lain:

  • Mengkonsumsi Makanan Bervitamin

Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin, terutama vitamin A sangat baik untuk menjaga kesehatan mata Anda. Anda bisa mendapatkannya dari buah dan sayur.

Selain vitamin A, lengkapi juga nutrisi harian dengan mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3, vitamin A, vitamin E, vitamin C, Zinc, dan Lutein. Misalnya mangga, jagung, pepaya, kacang almond, bayam, dan sarden.

  • Melakukan Istirahat Cukup

Selain mengkonsumsi makanan yang bervitamin, jangan lupa untuk beristirahat. Menurut penelitian dari Sleepeducation.org, kurang tidur bisa berdampak buruk bagi kesehatan mata. Sebaiknya Anda selalu istirahat dengan cukup dengan mendapat tidur delapan jam sehari. Selain itu, jangan terlalu lama menatap layar gadget supaya mata bisa lebih sehat dan tidak gampang lelah.

  • Menggunakan Lensa Korektif

Cara selanjutnya adalah menggunakan lensa korektif. Ada dua jenis lensa korektif yang bisa Anda pilih, yaitu kacamata dan lensa kontak. Tujuan penggunaan lensa ini yaitu mencegah peningkatan panjang atau kelengkungan pada mata.

  • Melakukan Operasi Refraktif

Cara selanjutnya yang ampuh adalah dengan metode operasi yang disebut operasi refraktif. Operasi ini memiliki tujuan untuk mengurangi kebutuhan menggunakan lensa kontak dan kacamata. Dalam operasi digunakan sinar laser sehingga kornea kembali terbentuk untuk menghasilkan penurunan rabun jauh. Setelah menjalani operasi, penderita minus harus mengenakan kacamata sebagai pelindung dari debu selama beberapa waktu.

Selain itu, ada juga beberapa cara lain yang bisa Anda terapkan untuk mengurangi mata minus. Tujuannya menghambat agar tidak semakin berkembang. Misalnya:

  • Sering melakukan istirahat atau mengambil jeda layar guna meregangkan otot pada mata.

  • Tidak membaca buku atau bekerja ketika ruangan dalam cahaya yang redup.

  • Memakai kacamata hitam ketika di luar ruangan.

  • Memakai pelindung mata ketika sedang berolahraga.

  • Berhenti merokok.

  • Melakukan pemeriksaan rutin dan teratur.

Anda juga harus menjalani pola hidup yang sehat agar mata juga semakin sehat. Apabila Anda mengalami pandangan yang buram atau kabur, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis mata supaya segera dapat ditangani dengan baik.

Cara mengurangi mata minus tidak mungkin secara instan. Jika ingin metode yang ampuh dan cepat, tentu pilihannya adalah dengan metode operasi refraktif.

icon-doctor