Apakah Operasi Katarak Aman? Berikut Hal yang Harus Anda Ketahui!

  29 Aug 2022

  2,276 Views

Share

Apakah operasi katarak aman? Karena sangat sedikit orang yang melakukan pemeriksaan penglihatan sampai mereka membutuhkannya, dan operasi katarak pada awalnya mungkin tampak sedikit menakutkan dan asing.

 

Ketika pasien mengetahui bahwa mereka membutuhkan operasi katarak, banyak pertanyaan muncul. Pasien bertanya, “Apakah operasi katarak aman?” “Seberapa serius operasi katarak?” dan, “Berapa biaya operasi katarak?”

 

Lalu, seberapa aman kah operasi katarak? ini beberapa hal yang wajib Anda ketahui sebelum melaksanakan operasi katarak.

Apa itu Katarak?

Katarak adalah bagian alami dari proses penuaan. Katarak bisa terjadi ketika lensa mata Anda terdapat kekeruhan, sehingga menyebabkan gangguan penglihatan. Jika tidak diobati, katarak dapat menyebabkan penglihatan kabur dan bahkan kebutaan. Hampir 90% orang akan mengalami katarak pada usia 65 tahun. Saat ini prosedur operasi katarak telah berkembang dan semakin aman serta efektif.

Apakah operasi katarak itu menyakitkan?

Selama operasi katarak, anestesi lokal diberikan kepada pasien sehingga pasien merasa nyaman. Instrumen medis yang digunakan pada saat melakukan operasi katarak pada pasien saat ini, dapat mengurangi rasa tidak nyaman selama operasi katarak.

Apakah operasi katarak aman?

Operasi katarak adalah prosedur yang sangat aman untuk dapat meningkatkan penglihatan dan kualitas hidup Anda. Berikut lembaga medis terkemuka yang melakukan beberapa penelitian menggarisbawahi kesimpulan ini.

   American Academy of Ophthalmology melaporkan bahwa pasien di atas usia 65 hingga 90 tahun telah menerima operasi katarak dengan tingkat keberhasilan yang sangat baik.

 Menurut AllAboutVision.com dan American Society of Cataract and Refractive Surgery (ASCRS), 3 juta orang Amerika menjalani operasi katarak, dengan tingkat keberhasilan lebih dari 98%.

     Dalam studi 12 tahun oleh American Academy of Ophthalmology menunjukkan 99,5% pasien tidak memiliki komplikasi parah dari operasi katarak.

 

Itulah beberapa hal tentang operasi katarak yang wajib Anda ketahui sebelum melakukan operasi. Kesimpulannya, operasi katarak saat ini sangat aman dan semakin canggih dengan instrument medis yang ada. Oleh karena itu, Anda tidak perlu takut jika harus menjalani operasi katarak.

icon-doctor