Penyebab Mata Bengkak Merah dan Cara Mengatasinya

  08 Dec 2022

  19,120 Views

Share
gambar wanita khawatir dengan mata bengkak merah

Mata bengkak dan merah tidak hanya terasa sakit dan mengganggu aktivitas, tapi juga membuat rasa percaya diri menurun. Keluhan ini memang umum, penyebabnya juga beragam. Meskipun mata merah bukan kondisi yang berbahaya, tapi penglihatan jadi terganggu ketika mata tidak nyaman. Kira-kira apa saja penyebab mata bengkak merah?

Tentu tidak hanya disebabkan oleh satu faktor saja. Mata yang merah disebabkan oleh pembuluh darah yang melebar pada mata. Bisa karena adanya partikel asing yang masuk, paparan sinar matahari, alergi, dan beberapa faktor lainnya. 

Apa Saja Penyebab Mata Bengkak dan Merah?

Selain beberapa faktor di atas, masih ada penyebab mata jadi merah dan bengkak lainnya. Misalnya sejumlah faktor berikut:

  • Mata Kering

Penyebab mata merah yang pertama karena mata kering. Kondisi ini terjadi apabila kelenjar air mata tidak menghasilkan air mata yang cukup, sehingga mata menjadi kering dan merah.

Selain itu, pemicu yang lain bisa karena cuaca yang kering dan panas serta berangin. Mata kering juga disebabkan oleh penggunaan lensa kontak yang tidak sesuai anjuran dokter spesialis mata.

  • Kelelahan

Mata yang merah bisa juga disebabkan oleh kelelahan, misalnya terlalu lama bekerja di depan komputer. Melihat layar ponsel atau komputer yang terlalu lama dapat menyebabkan mata kering, lelah, bahkan berair.

Fakta menunjukkan bahwa mata yang berada di depan layar komputer atau gadget akan lebih jarang berkedip. Hal itu juga memicu kondisi mata yang jadi merah sekaligus kering. Untuk menghindari mata kelelahan akibat gadget ini, pastikan untuk beristirahat secara teratur.

  • Cedera

Faktor pemicu mata merah selanjutnya adalah cedera, misalnya karena paparan zat kimia, benda asing, atau kecelakaan. Beberapa kondisi lainnya yaitu luka bakar, baru menjalani operasi, atau terkena paparan sinar ultraviolet secara langsung.

Faktor-faktor tersebut dapat menyebabkan pembuluh darah mata jadi melebar, dan apabila pembuluh darah tersebut luka, maka pendarahan bisa terjadi.

  • Konjungtivitis

Konjungtivitis menjadi penyebab mata merah yang umum terjadi. Faktor ini menyebabkan pembuluh darah bengkak, sehingga mata menjadi merah. Penyebab terjadinya konjungtivitis adalah infeksi, baik itu disebabkan oleh reaksi alergi maupun virus dan bakteri.

Konjungtivitis yang penyebabnya infeksi dapat menular, sedangkan yang disebabkan oleh iritasi atau alergi tidak menular. 

Anda bisa mencegah mata yang merah, gatal, dan berair akibat virus dengan menghindari beberapa penyebabnya. Misalnya selalu mencuci tangan, serta menghindari kebiasaan mengucek mata.

Anda juga bisa menerapkan beberapa cara mencegah mata merah, sebagai berikut:

  • Bersihkan tangan menggunakan air bersih dan sabun setelah kontak dengan orang yang terkena infeksi mata.

  • Tidak mengucek mata.

  • Bersihkan wajah dari riasan sebelum tidur, termasuk riasan mata seperti maskara dan eye shadow.

  • Menggunakan lensa kontak sesuai dengan anjuran dokter spesialis mata.

Mata bengkak merah memang mengganggu. Anda juga bisa menggunakan obat tetes yang sesuai dengan anjuran dokter spesialis mata apabila kondisi mata tidak kunjung membaik.

icon-doctor