Mohon Tunggu ..

Penyebab Mata Bengkak dan Cara untuk Mengatasinya

  06 Dec 2022

  199 Views

Share

Salah satu kondisi yang cukup mengganggu adalah mata bengkak. Selain menurunkan rasa percaya diri, kelopak mata yang bengkak juga kadang terasa sakit dan tidak nyaman. Ada beberapa hal yang memicu terjadinya pembengkakan pada kelopak mata. Tentunya cara untuk mengatasi kondisi ini berbeda satu sama lain, tergantung dari penyebabnya.

Usia yang semakin bertambah juga menyebabkan jaringan yang ada di area mata semakin lemah dan mengendur. Hal ini membuat adanya lemak di area kantung mata, jadi membuat kulit kelopak yang kencang jadi membengkak.

Penyebab Kelopak Mata Bengkak

Sebenarnya ada banyak penyebab kelopak mata jadi bengkak. Seperti beberapa faktor berikut ini:

  • Kalazion

Kalazion merupakan suatu kondisi di mana terjadi penyumbatan kelenjar meibomian pada kelopak mata yang bawah dan atas. Meibomian sendiri memiliki peran penting untuk mengatur produksi minyak.

  • Infeksi mata (konjungtivitis)

Penyebab kedua bisa karena infeksi mata atau konjungtivitis. Kondisi ini ditandai dengan mata merah dengan gejala gatal sakit, dan bengkak.

  • Penyakit Graves

Penyakit graves menimbulkan beberapa gejala seperti meradang, bengkak, dan mata jadi terlihat melotot. Bahkan ada yang ditandai dengan mata yang kering dan merah. Ini merupakan gangguan okular karena hipertiroidisme.

Kenapa Mata Bengkak Merah?

Penyebab mata bengkak merah biasanya karena pembengkakan atau pembuluh darah yang melebar di sklera atau dasar selaput putih mata. Penyebab kondisi ini beragam, bisa karena alergi, infeksi, cedera, debu, mata kering, atau paparan sinar matahari. 

Apa Penyebab Mata Bengkak Sebelah

Mata yang bengkak terjadi karena retensi cairan yang ada di jaringan area mata. Termasuk ketika mata hanya bengkak sebelah saja. Ada beberapa hal memicu terjadinya kondisi ini, sama halnya faktor-faktor yang memicu kondisi mata yang bengkak dan merah. Misalnya sebagai berikut:

  • Alergi

  • Chalazion

  • Bintitan

  • Konjungtivitis (Pink Eye)

  • Selulitis orbital

  • Blefaritis

Penyebab Mata Bengkak

Penyebab mata bengkak ada banyak. Selain beberapa faktor yang disebutkan di atas, penyebab yang lain adalah kurang tidur dan menangis terlalu lama. Apakah benar kurang tidur dan menangis berlebihan bisa menjadi penyebab mata jadi bengkak?

Mata yang bengkak setelah menangis sering terjadi di malam hari. Selain itu, kurang tidur juga bisa menyebabkan mata jadi bengkak. Bahkan, kulit yang berada di daerah mata jadi berkerut, kusam, dan muncul lingkaran berwarna hitam di kelopak mata bawah.

Menghilangkan Mata Bengkak Setelah Menangis

Kondisi mata yang bengkak bisa hilang, tapi tergantung pada penyebabnya. Anda harus tahu faktor pemicunya terlebih dahulu supaya bisa mengatasi dengan optimal. Jika mata yang bengkak disebabkan oleh faktor terlalu lama menangis, Anda bisa mengatasinya dengan cara membasuh mata secara lembut. Gunakan waslap halus dan bersih ketika membersihkan kelopak mata, Anda juga bisa sambil mengompresnya. Air yang digunakan bisa berupa air hangat untuk hasil yang lebih optimal.

Bagaimana Cara Mengatasi Kantung Mata Bengkak?

Anda bisa mengatasi mata bengkak dengan kompres air hangat sebagaimana penjelasan di atas. Tapi ada juga sejumlah alternatif lain yang bisa digunakan untuk mengatasi mata yang bengkak. 

  • Memperbanyak Cairan

Cairan berperan penting untuk mengatasi masalah kantung mata maupun kelopak mata yang membengkak. Pasalnya, saat tubuh mengalami dehidrasi, maka muncul pembengkakan di sejumlah tempat termasuk bagian kantung mata.

  • Posisi Tidur yang Tepat

Selanjutnya adalah memperbaiki posisi tidur dengan kepala yang sedikit terangkat, jadi posisinya tidak datar. Hal ini bisa mencegah terjadinya penumpukan cairan pada area mata.

  • Membersihkan Riasan Sebelum Tidur

Sebelum tidur, Anda wajib membersihkan riasan terlebih dahulu lalu mencuci muka sampai bersih. Kebiasaan baik ini juga akan mencegah adanya kantung mata. Tidur dengan wajah yang masih ada riasannya bisa memicu terjadinya infeksi maupun alergi, sehingga mengganggu kesehatan dan elastisitas kulit area mata.

Tips Menyembuhkan Mata Bengkak

Tips lain untuk menyembuhkan mata bengkak adalah menggunakan antibiotik sesuai dengan anjuran dari dokter spesialis mata. Pemberian antibiotik ini dianjurkan untuk meredakan gejala mata yang bengkak karena infeksi. Beberapa infeksi pada mata terjadi karena bintitan, konjungtivitis, atau selulitis. Pemberian antibiotik oleh dokter biasanya ada dalam berbagai bentuk, mulai dari krim, salep, obat tetes mata, obat minum, hingga infus.

 

Ada beberapa jenis antibiotik yang bisa Anda peroleh, tapi harus tetap sesuai anjuran dokter spesialis mata agar hasilnya maksimal.

icon-doctor