Mohon Tunggu ..

Manfaat dan Risiko Operasi Mata Lasik: Apa yang Perlu Anda Ketahui

  04 Jun 2023

  29,840 Views

Share

Operasi mata Lasik, atau disebut juga sebagai prosedur bedah penglihatan, telah menjadi salah satu metode yang populer untuk mengoreksi masalah penglihatan seperti rabun jauh, rabun dekat, dan astigmatisme. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk menjalani operasi ini, penting untuk memahami baik manfaatnya maupun risikonya. Berikut ini adalah informasi yang perlu Anda ketahui:

Manfaat Operasi Mata Lasik

1. Pemulihan Cepat

Salah satu manfaat utama dari operasi mata Lasik adalah pemulihan yang relatif cepat. Banyak pasien melaporkan bahwa mereka dapat melihat perbaikan dalam penglihatan mereka segera setelah operasi, meskipun beberapa hari mungkin dibutuhkan untuk pemulihan sepenuhnya.

2. Kenyamanan Tanpa Kacamata atau Lensa Kontak

Setelah operasi mata Lasik, banyak orang dapat menikmati hidup tanpa kacamata atau lensa kontak. Ini dapat memberikan kenyamanan yang signifikan, terutama bagi mereka yang sebelumnya terbiasa bergantung pada alat bantu penglihatan.

3. Peningkatan Kualitas Hidup

Dengan mengoreksi masalah penglihatan, operasi mata Lasik dapat memberikan peningkatan signifikan dalam kualitas hidup. Aktivitas sehari-hari seperti membaca, mengemudi, dan bekerja dapat menjadi lebih mudah dan nyaman.

4. Prosedur Non-invasif dan Tanpa Jahitan

Prosedur ini non-invasif, yang berarti tidak diperlukan sayatan atau jahitan. Sebaliknya, laser digunakan untuk mengubah bentuk kornea mata. Ini mengurangi risiko infeksi dan mempercepat proses pemulihan.

Risiko Operasi Mata Lasik

1. Kemungkinan Ketidaknyamanan Pasca Operasi

Meskipun banyak orang mengalami pemulihan yang cepat, beberapa pasien dapat mengalami ketidaknyamanan sementara setelah operasi, seperti mata kering, sensasi terbakar, atau perasaan asing di mata.

2. Perubahan Penglihatan

Beberapa pasien melaporkan perubahan penglihatan, seperti penglihatan kering, silau, atau cahaya yang berlebihan pada malam hari. Ini biasanya bersifat sementara, tetapi dalam beberapa kasus, dapat bersifat permanen.

3. Kemungkinan Kebutuhan untuk Pemrosesan Ulang (Enhancement)

Beberapa orang mungkin memerlukan pemrosesan ulang (enhancement) atau perbaikan lebih lanjut setelah operasi. Ini dapat terjadi jika hasil penglihatan tidak mencapai tingkat yang diinginkan.

4. Tidak Cocok untuk Semua Orang

Tidak semua orang cocok untuk operasi mata Lasik. Faktor-faktor seperti kondisi kesehatan mata yang mendasar, ketidakstabilan penglihatan, atau kehamilan dapat menjadi hambatan untuk menjalani prosedur ini.

Sebelum memutuskan untuk menjalani operasi mata Lasik, penting untuk berkonsultasi dengan ahli mata yang berpengalaman untuk menilai kelayakan dan membahas harapan serta risiko yang mungkin terkait. Keputusan ini harus didasarkan pada pemahaman menyeluruh tentang manfaat dan risiko operasi mata Lasik agar dapat membuat keputusan yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

icon-doctor