Mohon Tunggu ..

6 Penyebab Katarak pada Anak, Salah Satunya Karena Diabetes!

  29 Aug 2022

  161 Views

Share
Penyebab Katarak pada Anak, Salah Satunya Karena Diabetes!

Katarak mencegah sinar cahaya melewati lensa dan fokus pada retina. Retina adalah lapisan jaringan di bagian belakang mata yang sensitif terhadap cahaya. Katarak pada anak dapat terjadi ketika protein yang membentuk lensa menjadi keruh. Ini memengaruhi penglihatan anak Anda.

 

Pasalnya, katarak jarang terjadi pada anak-anak. Mereka dapat mempengaruhi satu mata atau kedua mata. Beberapa katarak berukuran kecil dan tidak menyebabkan masalah dengan penglihatan. Katarak lain yang lebih progresif dapat menyebabkan masalah penglihatan pada anak-anak. Berikut ini adalah jenis-jenis katarak pada anak beserta penyebabnya.

Jenis katarak pada anak

Kebanyakan katarak pada orang dewasa terjadi karena penuaan. Anak-anak mungkin memiliki jenis katarak lainnya. Ini dia jenis katarak pada anak:

 

     Katarak kongenital. Beberapa bayi dilahirkan dengan katarak atau mendapatkannya di masa kanak-kanak. Ini sering terjadi di kedua mata. Jenis katarak ini mungkin tidak mempengaruhi penglihatan anak Anda. Mereka yang mempengaruhi penglihatan seringkali perlu dihilangkan.

     Katarak sekunder. Katarak ini terbentuk karena suatu penyakit. Ini bisa termasuk diabetes atau masalah mata. Dalam beberapa kasus, obat-obatan seperti steroid dapat menyebabkan katarak jenis ini.

     Katarak traumatis. Katarak juga bisa terjadi karena cedera mata. Mereka dapat terjadi tepat setelah mata anak Anda terluka. Atau mereka dapat terjadi bertahun-tahun kemudian.

     Katarak radiasi. Beberapa katarak dimulai setelah terpapar beberapa jenis radiasi.

Penyebab katarak pada anak

Seorang anak mungkin terlahir dengan katarak (bawaan). Atau mungkin berkembang di kemudian hari. Berikut ini adalah penyebab katarak pada anak:

 

     Cedera

     Diabetes

     Penggunaan steroid

     Komplikasi dari penyakit mata lainnya, seperti glaukoma

 

Sebagian besar katarak pada anak-anak terjadi bersamaan dengan masalah mata atau kesehatan lainnya. Jenis katarak ini mungkin dari faktor genetik. Ini dapat mencakup gangguan metabolisme yang disebabkan oleh kekurangan enzim yang diturunkan. Katarak juga bisa terjadi karena masalah kromosom.

 

Itulah beberapa hal yang wajib Anda ketahui terkait jenis-jenis katarak pada anak, dan penyebab terjadinya katarak pada anak Anda.

icon-doctor