5 Komplikasi Operasi Katarak yang Mungkin Terjadi

  21 Oct 2022

  41,849 Views

Share
5 Komplikasi Operasi Katarak yang Mungkin Terjadi

5 Komplikasi Operasi Katarak yang Mungkin Terjadi

Bagi kebanyakan orang, operasi katarak kemungkinan besar akan berjalan lancar. Anda berakhir dengan penglihatan yang lebih baik dan pulih tanpa masalah jangka panjang. Tetapi seperti operasi lainnya, ada risikonya, terutama jika Anda memiliki masalah mata lain atau kondisi medis yang serius.

Jadi itu membantu untuk mengetahui apa yang mungkin salah. Anda dapat terus mencermati gejala apa pun dan menghubungi dokter Anda jika ada yang tidak beres.

 

5 Komplikasi Operasi Katarak

Inilah 5 komplikasi operasi katarak yang mungkin saja bisa terjadi:

1. Infeksi

Kuman yang masuk ke mata Anda selama operasi dapat menyebabkan infeksi. Anda mungkin merasa sensitif terhadap cahaya atau mengalami nyeri, kemerahan, dan masalah penglihatan.

Infeksi setelah operasi katarak jarang terjadi, tetapi jika Anda mengalaminya, Anda akan mendapatkan suntikan antibiotik ke mata Anda. Dalam beberapa kasus, dokter Anda juga menghilangkan vitreous, gel bening di tengah mata, untuk menghentikan penyebaran infeksi.

 

2. Peradangan

Sedikit bengkak dan kemerahan setelah operasi katarak adalah normal. Jika Anda memiliki lebih dari biasanya, Anda akan mendapatkan obat tetes mata atau obat lain untuk mengatasinya.

3. Ablasi retina

Retina berada jauh di bagian belakang mata Anda, tugasnya adalah untuk merasakan cahaya dan mengirim pesan ke otak. Setelah operasi, Anda memiliki peluang yang sedikit lebih tinggi untuk mengalami ablasi retina.

Ini adalah keadaan darurat yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan. Temui dokter mata Anda segera jika Anda:

 

     Merasa seperti ada tirai yang menutupi sebagian mata.

     Memiliki bintik-bintik mengambang baru dalam penglihatan Anda.

     Melihat kilatan cahaya.

4. Pendarahan

Ini jarang terjadi, tetapi selama operasi, pembuluh darah yang memasok retina mungkin mulai berdarah tanpa alasan. Sedikit darah tidak masalah, tetapi jumlah yang lebih besar dapat menyebabkan kehilangan penglihatan.

Setelah operasi katarak, darah dapat terkumpul di antara kornea dan iris, bagian berwarna dari mata Anda, dan menghalangi penglihatan Anda. Tetes mata dapat membantu, dan Anda harus beristirahat di tempat tidur dengan kepala tegak.

 

Jika darah tidak mengalir atau menyebabkan terlalu banyak tekanan pada mata Anda, Anda mungkin memerlukan pembedahan.

 

5. Disfotopsia

Ini menyebabkan Anda melihat efek visual, dan ada dua jenis:

     Negatif, yang memberi Anda bayangan melengkung di tepi penglihatan Anda

     Positif, yang Anda lihat sebagai lingkaran cahaya, ledakan bintang, kilatan, atau garis cahaya

Beberapa dokter tidak menganalisa penyebabnya, dan seringkali hilang dengan sendirinya. Ini lebih mungkin bertahan ketika itu adalah jenis negatif. Anda bisa mencoba obat tetes mata atau bahkan kacamata dengan rim tebal agar bayangan tidak terlalu terlihat.

 

Jika itu berlangsung selama berbulan-bulan, dokter Anda mungkin menyarankan operasi katarak lagi. Anda mungkin mendapatkan lensa baru atau mencoba lensa kedua di atas lensa pertama. Konsultasikan segera di JEC.

icon-doctor