Mohon Tunggu ..

Katarak Tahap Awal: Kenali Gejalanya Sebelum Terlambat

  06 Jan 2024

  360 Views

Share
Pasien katarak sedang konsultasi dengan dokter mata

Katarak adalah gangguan mata yang menyebabkan lensa mata menjadi keruh. Lensa mata yang keruh ini dapat mengganggu penglihatan, mulai dari pandangan yang buram hingga kebutaan.

Katarak biasanya berkembang secara bertahap, sehingga gejalanya sering kali tidak disadari pada tahap awal. Namun, ada beberapa gejala yang bisa menjadi tanda-tanda katarak tahap awal.

Berikut adalah beberapa gejala katarak tahap awal, beserta penjelasannya:

  • Pandangan buram

Pandangan yang buram adalah gejala katarak yang paling umum. Pandangan buram ini bisa terjadi pada satu mata atau kedua mata. Pandangan buram biasanya akan semakin parah seiring perkembangan katarak.

Pandangan buram pada katarak tahap awal biasanya terjadi secara bertahap. Kamu mungkin akan menyadari bahwa kamu perlu duduk lebih dekat ke televisi atau memegang buku lebih dekat untuk membaca. Kamu juga mungkin akan kesulitan melihat rambu-rambu lalu lintas atau wajah orang lain.

  • Kurang sensitif terhadap cahaya

Lensa mata adalah bagian transparan yang berada di belakang iris dan pupil. Lensa mata berfungsi untuk memfokuskan cahaya ke retina, yang merupakan bagian belakang mata yang sensitif terhadap cahaya. Pada katarak tahap awal, lensa mata mulai menjadi keruh. Keruhnya lensa mata ini dapat menghalangi cahaya yang masuk ke retina. Hal ini dapat menyebabkan mata terasa silau, terutama saat berkendara di malam hari atau saat berada di tempat yang terang.

Saat berkendara di malam hari, mata membutuhkan lebih banyak cahaya untuk melihat. Namun, jika lensa mata keruh, cahaya yang masuk ke retina menjadi berkurang. Hal ini dapat menyebabkan pandangan menjadi buram dan sulit untuk melihat rambu-rambu lalu lintas atau objek di jalan. Hal yang sama juga dapat terjadi saat berada di tempat yang terang. Lensa mata yang keruh dapat menyebabkan mata tidak dapat menyesuaikan diri dengan cahaya yang tiba-tiba. Hal ini dapat menyebabkan mata terasa silau dan sulit untuk melihat.

  • Perubahan warna penglihatan

Katarak dapat menyebabkan perubahan warna penglihatan. Hal ini terjadi karena lensa mata yang keruh menghalangi cahaya yang masuk ke retina. Retina adalah bagian belakang mata yang sensitif terhadap cahaya dan bertanggung jawab untuk penglihatan warna. Pada katarak tahap awal, perubahan warna penglihatan biasanya tidak terlalu signifikan. Namun, seiring perkembangan katarak, perubahan warna penglihatan dapat menjadi semakin parah.

  • Kesulitan melihat objek yang dekat

Katarak biasanya dimulai di bagian tengah lensa mata, yang bertanggung jawab untuk penglihatan jarak dekat. Oleh karena itu, orang dengan katarak tahap awal biasanya akan mengalami kesulitan melihat objek yang dekat, seperti membaca, menjahit, atau mengerjakan pekerjaan yang membutuhkan penglihatan dekat.

Berikut adalah beberapa gejala kesulitan melihat objek yang dekat pada katarak tahap awal:

  • Perlu duduk lebih dekat ke televisi atau memegang buku lebih dekat untuk membaca

  • Sulit melihat huruf-huruf kecil

  • Sulit melihat benang jahit

  • Sulit mengerjakan pekerjaan yang membutuhkan penglihatan dekat

Jika kamu mengalami salah satu atau lebih gejala di atas, sebaiknya segera periksakan mata ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk memastikan apakah kamu mengalami katarak atau tidak.

Cara mencegah katarak

Katarak dapat diobati dengan operasi. Operasi katarak adalah prosedur yang relatif aman dan efektif. Setelah operasi, penglihatanmu akan kembali normal atau mendekati normal.

Untuk mencegah katarak, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, yaitu:

  • Lindungi mata dari paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat meningkatkan risiko katarak. Oleh karena itu, penting untuk melindungi mata dari paparan sinar matahari dengan menggunakan kacamata hitam yang memiliki lensa anti UV.

  • Hindari merokok

Merokok dapat meningkatkan risiko katarak. Oleh karena itu, jika kamu merokok, sebaiknya berhentilah untuk mencegah katarak.

  • Makan makanan yang sehat dan bergizi

Makan makanan yang sehat dan bergizi dapat membantu melindungi mata dari katarak. Beberapa makanan yang baik untuk mata adalah buah-buahan, sayuran, dan ikan.

Semoga informasi ini bermanfaat!

 

icon-doctor