Kolaborasi Sosial World Sight Day 2022

  26 Oct 2022

  1,590 Views

Share

Bertepatan dengan peringatan World Sight Day 2022, tim dokter POS (Pediatric Ophthalmology and Strabismus) dan tim RS Mata JEC@Kedoya melakukan skrining mata dan pemberian kacamata terhadap 120 pasien anak dan dewasa di SOS Children's Village, bekerjasama dengan BOSCH Automotive Aftermarket (AA) yang meluncurkan kampanye "Care for Life" untuk membantu memulihkan kesehatan mata anak-anak yang mengalami gangguan penglihatan.

Dengan misi untuk mendukung terwujudnya masa depan yang lebih baik bagi kalangan yang membutuhkan di mana pun Bosch berada, inisiatif “Care for Life” di Indonesia berfokus pada #CareForSight (kepedulian untuk peningkatan kualitas penglihatan anak-anak). Indonesia sendiri berada di peringkat ketiga di antara 10 negara yang memiliki jumlah penderita gangguan penglihatan tertinggi di dunia.

"Melalui ‘Care for Life’, Bosch AA berupaya membangun kemitraan jangka panjang dengan organisasi yang memahami kebutuhan kalangan yang menjadi fokusnya. Tujuan kami adalah untuk menciptakan dampak yang mengubah kehidupan anak-anak Indonesia. Bersama SOS Children’s Villages dan JEC Eye Hospitals and Clinics, fokus #CareForSight ini akan kami wujudkan dengan melakukan pemeriksaan mata kepada 120 anak, termasuk pemberian kacamata korektif. Tak berhenti di situ, berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut, anak-anak tersebut akan mendapatkan tindakan medis untuk penanganan dan perawatan lebih lanjut, seperti operasi katarak - jika diperlukan, guna meningkatkan kualitas hidup mereka,” papar Griselda Iwandi, Country Sales Director of Automotive Aftermarket, Bosch di Indonesia.

“Sekitar 80 persen dari apa yang dipelajari seorang anak sebelum usia 13 tahun disajikan secara visual. Mata yang sehat sangat penting bagi anak untuk proses pembelajaran yang optimal. Sayangnya, banyak masalah penglihatan pada anak-anak tidak memperlihatkan tanda atau gejala yang jelas. Bahkan, tidak terdeteksi oleh pemeriksaan biasa. Pemeriksaan mata yang komprehensif sejak dini oleh dokter mata menjadi kunci! Karenanya, JEC Eye Hospitals & Clinics mendukung sepenuhnya kampanye “Care for Life” dengan fokus #CareForSight yang Bosch gagas ini. Harapan kami, inisiatif Bosch ini dapat memfasilitasi anak-anak untuk mendapatkan penanganan terhadap gangguan penglihatan seawal mungkin sehingga kualitas hidup mereka tidak terpengaruhi,” tukas Dr. Ni Retno Setyoningrum, SpM(K), MMedEdu, Dokter Spesialis Mata Anak & Ketua Service Pediatrik Oftalmologi & Strabismus JEC Eye Hospitals & Clinics.

“Kami dari SOS Children’s Villages sangat mengapresiasi Bosch AA yang telah menggandeng kami sebagai mitra dalam pelaksanaan inisiatif #CareForSight. Kami percaya kepedulian ini akan berdampak bagi anak-anak SOS Children’s Village yang kelak akan menjadi penerus masa depan. Keterbatasan penglihatan tentunya akan sangat mempengaruhi seorang anak dalam menjalani kehidupannya, bahkan sesederhana menjalankan rutinitas mendasar sehari-hari. Karenanya, kami menyambut dengan terbuka upaya Bosch AA membantu anak-anak SOS Children’s Village untuk meningkatkan kesehatan mata mereka. Ini sejalan dengan misi kami untuk memastikan setiap anak mendapatkan kesempatan yang sama untuk berkembang dan meningkatkan potensi diri mereka,” jelas Hardian Baja Gunanta, Project Director SOS Children’s Villages Indonesia.

icon-doctor