Daftar Biaya Operasi Mata Katarak Terbaru Tahun 2021

  01 Nov 2021

  19,179 Views

Share
Daftar Biaya Operasi Mata Katarak Terbaru Tahun 2021

Operasi katarak adalah satu-satunya langkah penyembuhan katarak agar penglihatan pasien bisa kembali normal. Jika dibiarkan saja, penglihatan pasien semakin memburuk dan beresiko mengalami kebutaan. Sebelum memutuskan operasi, sebaiknya ketahui kisaran biaya operasi mata katarak terlebih dahulu.

Sebagai acuan, biaya operasi mata katarak 2021 di berbagai kota di Indonesia saat ini berkisar mulai dari Rp15.000.000. Namun, setiap klinik atau rumah sakit mata menawarkan biaya operasi katarak yang berbeda-beda, tergantung dua faktor berikut:

1. Jenis Lensa Mata

Operasi katarak dilakukan dengan mengangkat lensa mata yang keruh dan menggantinya dengan lensa buatan (IOL). Saat ini terdapat 3 jenis lensa IOL yang memiliki fungsi dan harga yang berbeda-beda, yaitu: lensa monofokal, torik, dan multifokal. (usul yg premium duluan, multifokal, torik dan monofokal)

Dari segi harga, lensa multifokal adalah yang paling mahal. Karena lensa tersebut mampu mengatasi buram karena katarak serta membantu pasien melihat benda dalam jarak dekat, menengah, hingga jauh.

Jenis lensa torik memiliki fungsi membantu mata kita kembali memiliki penglihatan yang jernih, juga dapat mengatasi mata silinder (astigmatism)

Sementara lensa monofokal hanya bisa membantu melihat dalam jarak tertentu dan belum mampu mengatasi mata silinder.

2. Metode Operasi

Saat ini terdapat 4 jenis operasi katarak, yaitu: phacoemulsification, intrakapsular, ekstrakapsular, dan operasi laser. Masing-masing  metode tersebut menggunakan teknologi yang berbeda-beda, sehingga biaya operasinya pun juga berbeda.

Umumnya, biaya operasi mata katarak dengan laser cenderung lebih mahal daripada metode konvensional.

Biaya Operasi Mata Katarak di Jakarta Eye Center (JEC)

JEC adalah rumah sakit dan klinik mata terpercaya yang tersebar di seluruh indonesia dan terkenal memiliki layanan berkualitas dengan standar internasional. Biaya operasi mata katarak di JEC beragam, tergantung jenis paket operasi dan pilihan lensa mata. Selengkapnya, cek tabel harga yang berlaku di JEC Kedoya berikut ini.

JENIS PAKET OPERASI

BIAYA OPERASI

Paket Operasi Katarak + Lensa Non Aspheric

 

Paket Operasi Katarak + Lensa Aspheric

 

Paket Operasi Katarak + Lensa Toric

 

Paket Operasi Katarak + Lensa Multifokal

 

Paket Operasi Bladeless Laser CataractSurgery + Lensa Monofocal

 

Paket Operasi Bladeless Laser CataractSurgery+ LensaMultifocal

 

 

Demikian pembahasan tentang biaya operasi mata katarak terbaru di tahun 2021. Ada banyak pilihan harga yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan besarnya anggaran. Kunjungi klinik JEC terdekat untuk konsultasi kesehatan mata lebih lanjut atau merencanakan jadwal operasi katarak dengan dokter profesional.

Sumber:

https://www.alodokter.com/cari-rumah-sakit/optalmologi/operasi-katarak

https://jec.co.id/en/blog/detail/biaya-operasi-mata-katarak

https://lifepal.co.id/media/biaya-operasi-katarak/

icon-doctor