Bakti Sosial Operasi Mata Juling di JEC @ Menteng

  14 Oct 2023

  258 Views

Share
Bakti Sosial Mata Juling

JEC Eye Hospitals and Clinics terus menerapkan "Bakti Sosial Operasi Mata Juling JEC" untuk memberikan edukasi dan operasi mata juling gratis demi mencegah ambliopia. Sejak dimulai pada 2022, inisiatif ini menjadi aksi sosial pertama di Indonesia yang fokus pada penanganan mata juling.

Diperkirakan bahwa prevalensi mata juling secara global mencapai 1,93%, dengan lebih dari 148 juta individu terkena dampaknya. Strabismus tidak hanya menyebabkan ketidaknyamanan psikologis, tetapi juga dapat menyebabkan gangguan penglihatan lain, seperti ambliopia.

Ambliopia, atau mata malas, bukan hanya memengaruhi produktivitas, tetapi juga dapat menyebabkan gangguan fungsi penglihatan dengan risiko mencapai 50%-73%. Dr. Gusti G. Suardana dari JEC Eye Hospitals & Clinics menyatakan bahwa stigma dan ketidaktahuan tentang ambliopia meningkatkan tekanan psikologis pada penderita strabismus.

Kurangnya pemahaman tentang ambliopia menyebabkan banyak kasus tidak terdiagnosis, meningkatkan risiko gangguan fungsi penglihatan. Menurut Dr. Referano Agustiawan dari RS Mata JEC @ Menteng, operasi mata juling gratis ini diharapkan dapat membantu pasien strabismus mencapai produktivitas optimal dan mengurangi risiko ambliopia.

icon-doctor