Mohon Tunggu ..

Pertama Di Indonesia: JEC Luncurkan Layanan ReLEx SMILE PRO

  03 Dec 2022

  436 Views

Share
  • WHO: 88,4 juta orang mengalami gangguan penglihatan karena kelainan refraksi yang tak terkoreksi
  • Mata minus menjadi salah satu jenis kelainan refraksi yang prevalensinya terus meningkat
  • ReLEx SMILE PRO memungkinkan pasien untuk langsung beraktivitas seperti biasa dan produktif
  • kembali pada keesokan harinya pasca tindakan

Jakarta, 3 Desember 2022 – Eye care leader di Indonesia, JEC Eye Hospitals & Clinics meluncurkan layanan ReLEx SMILE PRO berupa teknologi bedah refraktif untuk mengoreksi mata minus (dan silinder) yang bekerja ekstra cepat dengan durasi kurang lebih 10 detik. JEC menjadi institusi kesehatan mata pertama di Indonesia, yang memiliki teknologi bedah laser tercanggih ini.

Secara global, kelainan refraksi yang tak terkoreksi merupakan penyebab utama gangguan penglihatan yang  dapat diperbaiki/direhabilitasi. Jumlah penderitanya mencapai 88,4 juta orang[1]Mata minus menjadi salah satu jenis kelainan refraksi yang prevalensinya terus meningkat. Studi menyebut, sekitar 40% dari populasi dunia (3,3 miliar orang) akan menderita miopia pada 2030 mendatang. Bahkan, akan mencapai lebih dari setengah populasi dunia (4,9 miliar orang) pada 2050[2].

Salah satu langkah menangani mata minus adalah prosedur bedah menggunakan laser yang bertujuan memperbaiki fungsi penglihatan sehingga tidak memerlukan kacatama atau lensa kontak. Waktu tindakan dan pemulihan yang cenderung lebih singkat menjadi keunggulan layanan ini. Meski demikian, kekhawatiran terhadap tindakan laser masih kerap muncul di tengah masyarakat; antara lain, adanya efek samping dan ketakutan terhadap risiko cedera operasi.

“Sejak berdiri pada 1984, JEC Eye Hospitals and Clinics berkomitmen untuk mendukung optimalisasi penglihatan dan kualitas hidup. Kami percaya tujuan tersebut dapat dicapai dengan adanya kemudahan akses terhadap fasilitas kesehatan mata yang dapat diandalkan, termasuk dari segi kualitas layanan maupun kemutakhiran teknologi. Karenanya, dengan bangga kami mengumumkan ketersediaan layanan terbaru JEC: ReLEx SMILE PRO, yakni teknologi laser terbaru untuk mengoreksi mata minus dan silinder dengan proses yang jauh lebih cepat, canggih karena menggunakan prosedur robotik, dan lebih nyaman. Dengan hadirnya layanan ini, harapan kami, masyarakat Indonesia memiliki pilihan tindakan penanganan kesehatan mata yang semakin beragam, sesuai dengan kebutuhan dan urgensinya,” papar DR. Dr. Johan A Hutauruk, SpM(K), Presiden Direktur PT NSD / JEC Eye Hospital & Clinics.



[1] WHO: “Blindness and vision impairment” (2022); https://www.who.int/blindness/causes/MyopiaReportforWeb.pdf  

[2] International Myopia Institute (2022); https://myopiainstitute.org/myopia/

icon-doctor