Lions Eye Bank

Jakarta

Jl. Terusan Arjuna Utara No.1, RT.7/RW.3, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk

09:00 - 17:00

Senin - Sabtu

Tentang Kami

Lions Eye Bank Jakarta

Visi


Meningkatkan Kualitas Hidup Pasien dengan menyediakan jaringan kornea dengan kualitas terbaik

Misi


  • Organisasi non-profit terkait penyediaan, pengambilan, proses, penyimpanan dan distribusi jaringan kornea terbaik

  • Penyediaan jaringan kornea : proses pengambilan jaringan, penyimpanan, dan distribusi

  • Menyediakan jaringan kornea dengan kualitas terbaik

Pengurus

Lions Eye Bank Jakarta

Prof. Dr. Tjahjono D. Gondhowiardjo, SpM(K), PhD


KETUA PEMBINA LEBJ

Dr. Johan Arif Hutauruk, SpM(K)                                        


KETUA PENGAWAS LEBJ

Dr. Sharita R. Siregar, SpM(K)                                             


KEPALA LEBJ

Dr. Trinugroho Kusumo Samudro Sp.A, MHA, RHA. RLA


WAKIL KEPALA LEBJ

Drs. Angga Kesumah


ANGGTA PEMBINA LEBJ

Drs. Eddy Wijanarko MMT


ANGGOTA PENGAWAS LEBJ

PCC Eveline Nuryanti Chandra


BENDAHARA PENGURUS LEBJ

PDG Barbara Louise Oudang


SEKRETARIS PENGURUS LEBJ


Latar Belakang

Di Indonesia, diperkirakan 1 dalam 1000 orang menderita kebutaan kerusakan kornea. Masalah tersebut dapat dipecahkan dengan transplantasi kornea jika tidak ada perbaikan dengan obat. Dengan perkembangan teknologi yang pesat, angka kesuksesan tindakan transplantasi kornea lebih dari 90%. Dokter spesialis mata di Indonesia sudah mampu melakukan tindakan operasi transplantasi kornea namun angka transplantasi kornea masih sangat rendah dikarenakan minimnya jaringan kornea yang tersedia di Indonesia khususnya jaringan kornea dari orang Indonesia sendiri sehingga mayoritas kita masih bergantung kepada negara lain untuk memperoleh jaringan kornea tersebut. 


Tantangan Ekonomi

Kehilangan penglihatan akan menurunkan kemungkinan melakukan pekerjaan. Masyarakat yang buta akan bergantung kepada pengasuh atau penjaganya.

Pendidikan tidak memadai

Jika anak-anak tidak mampu melihat, pendidikan mereka akan terganggu. Tanpa pendidikan, mereka tidak mendapatkan ilmu dan keterampilan untuk bekerja dikemudian hari, sehingga masa depan mereka kurang bagus.

Fasilitas terbatas

Di Indonesia, fasilitas untuk masyarakat yang buta terbatas. Tidak semua kota di Indonesia dilengkapi dengan garis kuning di trotoar yang fungsinya untuk menuntun masyarat yang tidak mampu melihat berjalan dengan aman.

Angka Produktivitas

Produktivitas negara turun jika banyak masyarakat di usia produktif tidak mampu bekerja. 

LEBJ akan membantu upaya penurunan angka kebutaan kornea dengan menyediakan jaringan kornea yang aman dengan standarisasi internasional

LEBJ akan membantu upaya penurunan angka kebutaan kornea dengan menyediakan jaringan kornea yang aman dengan standarisasi internasional
Dengan upaya penurunan angka kebutaan, diharapkan Indonesia akan lebih produktif karena mereka yang buta akibat kerusakan kornea dapat memulihkan pengelihatan mereka sehingga mereka dapat bekerja dan kontribusi terhadap perekonomian keluarga dan komunitas mereka. 

Apa itu Bank Mata

Bank mata adalah sebuah organisasi non-profit yang mengorganisir kegiatan donor dari pengambilan sampai pengelolaan dan pendistribusian jaringan kornea manusia untuk transplantasi. 

Bank mata bertanggung jawab atas memastikan bahwa semua tahap proses jaringan kornea berjalan dengan aman dan sesuai standard untuk menghasilkan jaringan yang berkualitas tinggi yang akan meningkatkan angka keberhasilan operasi transplantasi kornea. 

Jaringan kornea yang telah didonasikan, bersamaan dengan riwayat penyakit dan sosial pendonor akan dievaluasi oleh bank mata berdasarkan standar internasional Eye Bank Association of America (EBAA). Hanya jaringan yang memenuhi kriteria yang dapat digunakan untuk transplantasi. 


Pelayanan Kami

 

  • Staf yang sudah tersertifikasi dan terlatih untuk melayani dan menjawab pertanyaan calon pendonor dan keluarganya untuk memastikan bahwa mereka memiliki informasi yang dibutuhkan untuk membuat keputusan tentang donasi jaringan kornea
  • Laboratorium bank mata yang dilengkapi dengan peralatan yang modern yang berstandar internasional dan terbaru dikelasnya, dilengkapi dengan standard sterilitas yang tertinggi dikelasnya
  • Teknisi LEBJ terampil dalam bekerja untuk memastikan bahwa setiap jaringan kornea aman dan berkualitas tinggi sehingga meningkatkan angka keberhasilan operasi transplantasi kornea.

 

 

 Jam Kerja

Senin - Sabtu: 09:00 - 17:00

Layanan Pengambilan Jaringan Kornea

24/7