Lions Eye Bank

Jakarta

Jl. Terusan Arjuna Utara No.1, RT.7/RW.3, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk

09:00 - 17:00

Senin - Sabtu

Penerima dan Pendonor

  • Home
  • > Penerima dan Pendonor

Dari Penerima untuk Pendonor 

Keluarga pendonor sering berbagi cerita kepada Lions Eye Bank Jakarta bahwa mereka sangat bahagia mengetahui bahwa jaringan kornea dari keluarga mereka yang sudah meninggal telah membantu orang yang buta akibat kerusakan kornea kembali ke kehidupan normal.

 

Jika Anda atau keluarga Anda adalah penerima jaringan kornea, kami menganjurkan Anda untuk menulis kepada keluarga pendonor melalui kita. Ini adalah keputusan pribadi, namun surat Anda akan berdampak positif bagi mereka.


Dari Pendonor untuk Penerima 

Keluarga pendonor adalah pahlawan yang sesungguhnya. Pada saat berduka, keluarga donor ikhlas memberikan jaringan kornea keluarga mereka untuk membantu memulihkan penglihatan orang yang buta. Keluarga pendonor bercerita bahwa dengan aksi menyumbangkan jaringan korneanya anggota keluarga mereka, telah memberi dampak positif bagi mereka karena telah membantu orang yang membutuhkan. Dengan mengingat hal tersebut, mereka lebih ikhlas dengan kepergian keluarganya.
Beberapa orang merasa bahwa dengan menulis dan berbagi cerita mengenai anggota keluarga yang telah meninggal dapat membantu mereka melewati masa berduka. Hal tersebut dapat membantu keluarga lain yang sedang berduka dan meningkatkan kesadaran orang lain mengenai donasi kornea. LEBJ memberi kesempatan untuk keluarga pendonor untuk berbagi cerita mereka. Keluarga donor juga dapat menulis kepada keluarga penerima jaringan kornea.

 

 

 

 

 

 

Mendaftar Sebagai Calon Donor

DARI SISI AGAMA


Islam

  1. "Kamu sekali sekali tidak sampai kepada kebaikan yang sempurna seblum kamu mendermakan sesuatu yang kamu cintai. Dan apa saja yg kamu derma, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya." - QS Ali Imran 92
  2. "Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang yg berbuat baik." - QS Al Baqarah 195
  3. "Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) mengerjakan kebajikan dan takwa, dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran" - QS Al Maidah 2
  4. "Allah akan selalu menolong hambaNya, sesama hamba itu menolong sesamanya." (HR Bukhori dan Muslim)
  5. "Setiap penyakit ada obatnya. Apabila penyakit tersebut diberi obat yang tepat, tentu akan sembuh dengan izin Allah zza wa jalla." (HR Imam Muslim)

Transplantasi kornea mata dibenarkan menurut hukum Islam dengan pertimbangan, bahwa bagi donor yang telah meninggal, korneanya sudah tidak diperlukan lagi. Padahal jika korneanya dimanfaatkan oleh seorang tuna netra akan sangat besar manfaatnya.
Meskipun si tuna netra tidak akan meninggal karena tidak dapat melihat, namun penglihatan merupakan kebutuhan hidup dan akan makin menyempurnakan fungsi hidup si tuna netra setelah dapat melihat. 


SK Mu'tamar Tarjib Muhammadiyah (1980)

'Muslim Scholar, akademi yang paling bergengsi sepakat menyatakan
bahwa donasi organ (termasuk kornea) adalah tindakan pahala dan
dalam keadaan tertentu dapat menjadi kewajiban’.

 

UK Islamic Transplantation


Christianity

Injil Matius 7: 12

Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka.

 

Injil Yohanes 13:15-16

Sebab Aku telah memberikan suatu teladan kepada kamu, supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah Kuperbuat kepadamu.

 

1 Yohanes 4:11

Saudara-saudaraku yang kekasih, jika Allah sedemikian mengasihi kita, maka haruslah kita juga saling mengasihi.

Seorang beriman dapat membuktikan kasihnya kepada sesamanya dan Tuhan Yesus tidak hanya dengan kata-kata saja tetapi benarbenar dilaksanakan dalam perbuatan bahkan setelah kembali ke tanah juga membuktikan kasih kepada sesama dengan memberikan kornea matanya'

 

Kasih menurut Yesus Kristus


Catholic Church

 

“Mendonorkan mata atau anggota tubuh setelah meninggal merupakan sumbangan kemanusiaan yang mulia dalam rangka memperbaiki dan memperpanjang hidup selamanya”

 

Paus Yohanes Paulus 1

6 September 1978


Buddhism

 

Keyakinan jika seseorang mendonasikan mata pada kehidupan saat ini maka akan memiliki penglihatan yang lebih baik dalam kehidupan yang akan datang


Hinduism: Panca Srada

 

“Kepercayaan terhadap adanya atman/sinar suci Tuhan, hukum karma, punarbawa/kelahiran kembali dan moksa/bersatu kembali dengan Tuhan dengan tidak dilahirkan kembali"

 

Donasi harus bersifat satvika (bertujuan mulia), memberi manfaat untuk pendonor dan resipien selama telah disetujui oleh pendonor, resipien dan keluarga

Field is required
Field is required Incorrect email
Field is required
Your message was sent successfully
Sorry, your message was not sent