Lions Eye Bank

Jakarta

Jl. Terusan Arjuna Utara No.1, RT.7/RW.3, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk

09:00 - 17:00

Senin - Sabtu

Berita 

Meningkatkan Kesadaran akan Donasi Kornea, Lions Eye Bank Jakarta Memperkenalkan Adinia Wirasti Sebagai Duta Kampanye “Help Them To See”


Jakarta, 27 November 2019 - Di Indonesia, diperkirakan 1 dari 1000 orang menderita kebutaan akibat kerusakan kornea. Kebutaan akibat kornea hanya dapat diatasi melalui operasi  transplantasi yang didapat melalui kegiatan donasi kornea. Didukung dengan teknologi terdepan, kehadiran Lions Eye Bank Jakarta (LEBJ) sebagai bank mata terpercaya di Indonesia diharapkan dapat membantu upaya penurunan angka kebutaan dengan menyediakan pelayanan proses pengambilan donor kornea, pemeriksaan, penyimpanan, penggunaan saat operasi dan setelah selesai operasi. Semua proses harus dilakukan dengan hati-hati dan teliti, oleh karena itu, LEBJ di tangani oleh dokter dan teknisi yang terkualifikasi dan berpengalaman dibidangnya serta berstandarisasi internasional. Setelah didirikan di tahun 2017, Lions Eye Bank Jakarta telah berhasil mengumpulkan 211 pendonor mata dan telah melaksanakan operasi transplantasi mata sebanyak 199 kali. Angka tersebut merupakan prestasi yang membanggakan namun masih di bawah kebutuhan penderita kelainan kornea di Indonesia.


“Lions Eye Bank Jakarta didirikan sebagai wujud sosial dengan misi menjadi wadah terpercaya, tidak hanya bagi mereka yang mengalami gangguan penglihatan karena kelainan kornea, namun juga bagi mereka yang secara sukarela ingin menolong sesama mendapatkan perbaikan penglihatan dengan mendaftar sebagai calon donor kornea.” ujar Dr. Sharita, pendiri dan Kepala Lions Eye Bank Jakarta.


Untuk lebih meningkatkan kesadaran akan donasi kornea, Lions Eye Bank Jakarta dengan bangga memperkenalkan Adinia Wirasti sebagai duta dari kampanye ‘Help Them to See’. Kolaborasi ini diharapkan dapat menjangkau masyarakat Indonesia dalam menyebarluaskan visi dan misi Lions Eye Bank Jakarta dalam mengorganisir kegiatan donor kornea untuk dapat memberikan penglihatan bagi mereka yang membutuhkan. Adinia Wirasti, aktris yang juga sudah lama aktif dalam bidang sosial, sangat tergerak untuk mengajak masyarakat Indonesia dalam menjadi calon donor kornea bagi kehidupan orang lain yang lebih baik.


Istilah ‘donor kornea’ dalam kehidupan masyarakat Indonesia mungkin masih terdengar cukup asing dan cenderung menimbulkan banyak pertanyaan. Berbagai faktor mulai dari sosial sampai dengan faktor kurangnya edukasi, tidak sedikit masyarakat yang menganggap mendonorkan bagian tubuh adalah tabu. Banyak fakta yang masih perlu diluruskan, contohnya bahwa jika terdaftar sebagai pendonor, proses pengambilan kornea akan dilakukan setelah calon donor tutup usia, dan kornea yang akan diambil adalah lapisan jernih di bagian depan mata setipis soft contact lens, bukan diambil satu bola mata. Maka dari itu, dalam upaya menormalisasikan donor kornea, Lions Eye Bank Jakarta menginisiatifkan kampanye yang bertajuk ‘Help Them to See’. Kampanye ini bertujuan agar masyarakat dapat teredukasi lebih lagi mengenai donor kornea sehingga pada akhirnya mereka ingin berkontribusi langsung yang nantinya akan membantu meningkatkan kualitas hidup para penyandang kebutaan kornea.


“Selain warisan seni yang saya tinggalkan, saya juga ingin tetap dapat menjadi manfaat bagi orang lain di saat saya sudah tiada nanti. Sangat besar harapan saya untuk membantu menyuarakan edukasi mengenai kampanye donasi kornea dari Lions Eye Bank Jakarta agar menjadi titik terang bagi masyarakat yang selama ini masih belum tau dan tergerak untuk membantu mereka yang membutuhkan” ucap Adinia Wirasti.


Lions Eye Bank Jakarta berharap dengan adanya kampanye #HelpThemToSee yang didukung oleh Adinia Wirasti dapat menjadi titik terang bagi masyarakat untuk membantu menjadi calon donor kornea dalam upaya menolong orang lain untuk melihat sekaligus menjadi wadah kegiatan operasi transplantasi terpercaya bagi mereka yang membutuhkan. Calon donor dapat mendaftarkan dirinya melalui website LEBJ https://jec.co.id/lebj/, kantor Lions Eye Bank Jakarta dan juga di seluruh cabang RS dan Klinik Mata JEC. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Lions Eye Bank dapat menghubungi +62821 50 800 800.



Tentang Lions Eye Bank Jakarta

Lions Eye Bank Jakarta (LEBJ) adalah yayasan non-profit yang mengorganisir kegiatan donor mulai dari pengambilan, pengelolaan, dan pendistribusian jaringan kornea manusia untuk keperluan transplantasi. LEBJ akan membantu upaya penurunan angka kebutaan kornea dengan menyediakan jaringan kornea yang aman dengan standardisasi internasional. Dengan upaya penurunan angka kebutaan, diharapkan Indonesia akan lebih produktif karena mereka yang buta akibat kerusakan kornea dapat memulihkan penglihatan mereka sehingga mereka dapat bekerja dan kontribusi terhadap perekonomian keluarga dan komunitas mereka.


lionseyebankjakarta@jec.co.id