Laser Vision Correction/LVC

A. 7D Lasik

Teknologi 7 Dimension Z-LASIK JEC sebagai pionir bedah LASIK di Indonesia telah memiliki teknologi yang lengkap seperti LASIK Xtra, No Touch LASIK, Z2 LASIK, M-LASIK, dan surface Ablation (PRK, LASEK, dan EpiLASIK). Saat ini JEC telah menambahkan teknologi terbaru yaitu 7 Dimension Z-LASIK (7D Z LASIK).Teknologi 7 Dimension Z-LASIK (7D Z-LASIK) adalah metode LASIK terbaru di JEC dengan inovasi sistem excimer laser berkecepatan tinggi (1050Hz) yang dikolaborasikan dengan mesin Ziemer Crystalline 5000 Khz (Femtosecond Laser). Kombinasi tersebut membuat 7D Z-LASIK memiliki kecepatan tertinggi dari semua jenis excimer laser yang ada di dunia saat ini.

Mata kita normalnya bisa melakukan pergerakan tanpa disadari sebanyak 90 mikrometer per milidetik ke segala arah. Maka dari itu, pemusatan atau pemfokusan posisi mata yang konstan dan tepat sangat penting saat melakukan proses laser pada tindakan LASIK.

7D Z-LASIK mampu melacak 7 dimensi gerakan bola mata saat proses LASIK dengan menggunakan sistem Latency-Free Tracking. Sistem pelacak Latency-Free Tracking ini mampu menembakan excimer laser tanpa ada jeda waktu (zero latency time) mengikuti pergerakan bola mata normal.

Dengan kemampuannya itu, 7D Z-LASIK ini mampu memperbaiki kondisi refraktif mata minus, plus dan silinder dalam waktu yang sangat singkat, hanya 1,3 detik per dioptri. Hal ini memastikan 7D Z-LASIK dapat memberikan keamanan maksimum dan otomatis kenyamanan pasien pun meningkat.

Karena peningkatan kemampuan itulah mengapa JEC memutuskan melakukan upgrade dari 6D Z-LASIK menjadi 7D Z-LASIK. Sebagai gambaran 6D Z-LASIK memiliki kecepatan 750Hz sementara 7D Z-LASIK kecepatannya mencapai 1050Hz.

Sebelum beralih ke 7D Z-LASIK, tim dokter di JEC telah berpengalaman memperbaiki kemampuan refraktif mata di lebih dari 5500 pasien menggunakan teknologi 6D Z-LASIK di tenggang waktu tahun 2012-2015, dan 98% pasien yang dilakukan tindakan LASIK di JEC sudah tidak memerlukan kacamata atau lensa kontak untuk dapat melihat dengan jelas. 

Teknologi ini telah disetujui lembaga-lembaga terkemuka di dunia, seperti US Army, US Navy, US Air Force, Marine Corps dan NASA.

Gambar pergerakan bola

 

Syarat Kandidat 7 Dimension Z-LASIK :

  • Disarankan Usia 18 tahun ke atas
  • Kedua mata harus dalam keadaan sehat
  • Melepas soft contact lens selama 14 atau hard contact lens selama 30 hari berturut turut sebelum tindakan LASIK
  • Tidak sedang hamil atau menyusui

 

Tahapan LASIK

  • Tahap pertama adalah membuat lapisan (flap) pada kornea dengan menggunakan teknologi Femtosecond Laser* (Bladeless Laser Surgery). di JEC pembuatan flap tersebut menggunakan Ziemer Cristalline 5000Khz. Adapun kelebihan menggunakan Ziemer Cristalline 5000Khz yaitu proses pemotongan flap lebih cepat dan akurat/presisi dengan menggunakan energi yang rendah serta hasil pemotongannya lebih halus.
  • Tahap kedua, setelah flap terbuka maka dilakukan penyinaran laser pada bagian dalam kornea untuk mengubah bentuk kornea. Adapun tujuannya adalah untuk menghilangkan kelainan refraksi (minus, plus dan silinder) dengan menggunakan Schwind Amaris 1050Hz Excimer Laser. Excimer Laser bertujuan  untuk membentuk permukaan kornea yang baru.
  • Setelah penyinaran selesai flap dikembalikan ke posisi semula
    Dalam waktu kurang dari 3 menit flap akan melekat dengan sendirinya tanpa perlu dijahit

Gambar Tahapan Tindakan LASIK

 

*Femtosecond Laser adalah sinar infra red yang memiliki kemampuan memotong sangat akurat dibandingkan dengan teknologi lainnya, dengan tingkat panas yang sangat rendah. Femtosecond Laser bekerja dalam ultra short impulses of light dan dapat membuat lubang sekecil 1/100mm hanya dalam waktu 1/4triliun per detik (www.lasik-center.com).

Mengapa Memilih LASIK di RS. Mata JEC? Seorang dokter harus membuat banyak sekali keputusan dalam proses tindakan LASIK yang sangat singkat. Oleh sebab itu penting dan bijakasana untuk mempercayakan tindakan LASIK kepada pusat pelayanan kesehatan mata yang berpengalaman dan memiliki fasilitas lengkap. Sebagai pionir bedah LASIK di Indonesia, JEC memiliki pengalaman yang tidak dimiliki oleh penyedia jasa LASIK lainnya, diantaranya:

  • JEC memiliki tim dokter spesialis mata dan paramedic profesional yang telah berpengalaman melayani lebih dari 27.000 pasien LASIK sejak tahun 1997. Jumlah ini lebih besar dibandingkan penyedia jasa tindakan LASIK lainnya 98% pasien yang dilakukan tindakan LASIK di JEC sudah tidak memerlukan kacamata atau lensa kontak untuk dapat melihat dengan jelas.
  • Tindakan LASIK dilakukan sesuai standar internasional keselamatan rumah sakit dan menggunakan teknologi LASIK generasi terkini.
  • Tidak perlu menunggu lama jadwal operasi karena tim dan fasilitas di JEC sangat lengkap dan mencukupi untuk melayani operasi LASIK secara keseluruhan setiap harinya.

Karena pengalaman dan kepeloporannya ini telah menghantarkan JEC memperoleh rekor MURI sebagai penyedia jasa kesehatan mata yang melakukan tindakan LASIK terbanyak di Indonesia, sekaligus penghargaan sebagai pelopor tindakan LASIK di Indonesia.

Anda dapat segera menghubungi Call Center JEC (021) 2922 1000 maupun membuat janji konsultasi via website JEC.

Untuk informasi program LASIK cicilan 0% kartu kredit bisa diakses di www.jec.co.id

B. ReLEx SMILE

Mata adalah jendela dunia, otak manusia memperoleh 83% informasi melalui indera penglihatan tersebut. Memiliki penglihatan yang baik untuk dapat melihat indahnya dunia yang penuh warna serta berbagai bentuk yang unik adalah dambaan semua orang.  Hanya saja, hal tersebut tidak selalu dimiliki setiap orang, mengingat ada beberapa individu yang mengalami kelainan refraksi (minus, plus, dan silinder).Sebagian besar dari kita bergantung pada kacamata atau lensa kontak untuk melihat lebih baik. Namun ketergantungan pada alat bantu optik tersebut dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, terlebih bagi yang memiliki aktivitas luar ruang yang banyak.

Mata adalah jendela dunia, otak manusia memperoleh 83% informasi melalui indera penglihatan tersebut. Memiliki penglihatan yang baik untuk dapat melihat indahnya dunia yang penuh warna serta berbagai bentuk yang unik adalah dambaan semua orang.  Hanya saja, hal tersebut tidak selalu dimiliki setiap orang, mengingat ada beberapa individu yang mengalami kelainan refraksi (minus, plus, dan silinder).Sebagian besar dari kita bergantung pada kacamata atau lensa kontak untuk melihat lebih baik. Namun ketergantungan pada alat bantu optik tersebut dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, terlebih bagi yang memiliki aktivitas luar ruang yang banyak.

JEC sebagai pionir bedah korektif tiap kelainan refraksi tersebut kembali menambahkan teknologi termutakhir, yaitu ReLEx® SMILE (Refractive Lenticule Extraction - Small Incision Lenticule Extraction). ReLEx® SMILE adalah merupakan inovasi dari Carl Zeiss dengan menggunakan mesin VisuMax® Femtosecond Laser untuk mengoreksi kelainan refraksi.

Kehadiran ReLEx® SMILE semakin memantapkan langkah besar JEC untuk mendirikan Laser Vision Correction Center pertama di Indonesia. Sebelumnya JEC telah memiliki teknologi terlengkap dalam menghilangkan ketergantungan pada kacamata atau lensa kontak dengan berbagai pilihan teknologi, seperti Femtosecond Z-LASIK (7D Z-LASIK atau Z2-LASIK), LASIK Xtra, No Touch LASIK, M-LASIK dan Surface Ablation (PRK, LASEK dan EpiLASIK). Kini, langkah besar JEC tersebut semakin sempurna dengan kehadiran ReLEx® SMILE.

 

ReLEx® SMILE

ReLEx® SMILE merupakan teknik terbaru untuk menghilangkan kelainan refraksi (minus & silinder) tanpa pembuatan flap (flapless), Hal tersebut meminimalisir risiko pergeseran flap atau flap displacement sehingga tindakan ini relative aman (safer). Prosedur ini dikerjakan hanya dalam satu kali proses laser dan otomatis membuat proses waktu tindakan ReLEx® SMILE menjadi relatif lebih cepat, tercatat bisa diselesaikan hanya dalam hitungan detik (faster). ReLEx® SMILE memberikan kenyamanan setelah tindakan tanpa rasa sakit (painless). 

ReLEx® SMILE JEC tentu saja bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin melihat dengan benderang tanpa memerlukan kacamata atau lensa kontak lagi. Terlebih lagi, keamanan maksimum dan kenyamanan pasien menjadi prioritas JEC.

Cara kerja ReLEx® SMILE?

Syarat dan Kandidat ReLEx® SMILE:

  • Berusia 18 tahun ke atas,
  • Kedua mata harus dalam keadaan sehat,
  • Ukuran minus  atau hasil kombinasi antara minus dengan silinder mulai dari S-3 diopter hingga S-10 diopter,
  • Tidak sedang hamil atau menyusui,
  • Melepas soft contact lens selama 14 atau hard contact lens selama 30 hari berturut-turut.

 

FAQS

  • Siapa saja yang cocok untuk tindakan ReLEx® SMILE ?

Tindakan ReLEx® SMILE ini sangat tepat untuk individu yang memiliki mobilitas tinggi, aktif, dinamis dan berkecimpung di dunia contact sports seperti tinju, olahraga selam, taekwondo, dan lainnya. Dengan prosedur flapless pada ReLEx® SMILE, menjadikan pasien tidak rentan dengan trauma pada mata.

  • Perbedaan ReLEx® SMILE dengan LASIK? 

LASIK memiliki dua tahapan dalam menghilangkan kelainan refraksi. Pertama, dengan pembuatan flap di lapisan Storma kornea menggunakan femtosecond laser. Kedua, setelah flap dibuka, dilakukan tindakan ablasi jaringan Stroma yang sesuai dengan ukuran kelainan rekfraksi dengan excimer laser untuk menghilangkan minus/silinder, kemudian flap ditutup kembali.

Pada ReLEx® SMILE, femtosecond laser bekerja langsung di dalam lapisan Stroma kornea untuk membentuk lenticule sesuai dengan ukuran kelainan refraksi. Lalu sinar laser tersebut membuat sayatan kecil sekitar 2-4mm untuk jalan mengeluarkan lenticule.

  • Apa saja efek samping dari tindakan ReLEx® SMILE?

Pada dasarnya tiap tindakan operasi  memiliki risiko. Namun, tindakan laser vision correction umumnya aman dan memiliki risiko yang rendah. Diskusikan dengan dokter mata di JEC untuk mengetahui lebih lanjut keuntungan prosedur laser vision correction bagi Anda. Laser Vision Correction Center JEC, yang telah berpengalaman mengatasi kelainan refraktif mata (minus, silinder, plus) lebih dari 30.000 pasien sejak tahun 1992.

  • Berapa lama penglihatan akan kembali stabil setelah tindakan ReLEx® SMILE?

Proses penyembuhan dapat berbeda di setiap individu. Pada kebanyakan orang, tajam penglihatan akan sangat baik & stabil pada 1 – 3 hari pasca tindakan. Setelah tindakan ReLEx® SMILE, Anda dapat mengendarai kendaraan, bekerja & beraktifitas fisik seperti biasa tanpa menggunakan kacamata atau lensa kontak.

  • Dimana Saya bisa menjalankan prosedur ReLEx® SMILE?

Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk mengkoreksi kelainan refraksi Anda dengan metode ReLEx® SMILE. Kini Anda bisa melakukannya di RS. Mata JEC yang selama bertahun-tahun berdedikasi terhadap kesehatan mata.

 

C. Lasik Xtra

LASIK Xtra adalah prosedur yang dilakukan setelah tindakan LASIK untuk mengikat serat kolagen di kornea, untuk meningkatkan kekuatan kornea. Tindakan ini ditujukan untuk pasien dengan kornea yang lemah atau kurus untuk mengurangi risiko setelah prosedur LASIK.

Prosedur LASIK Xtra biasanya dilakukan tiga puluh detik setelah prosedur LASIK reguler selesai, untuk meningkatkan daya tahan koreksi LASIK pada pasien.

 

Proses LASIK Xtra

Dokter meneteskan riboflavin (vitamin B2) pada kornea.Daerah yang diteteskan riboflavin pada kornea kemudian disinari dengan sinar ultraviolet A (UVA)Cahaya akan mengikat (cross-link) serat-serat kolagen dalam kornea, membangun kornea yang lebih kuat dan mengunci hasil tindakan LASIK.

Prosedur LASIK Xtra juga dapat dilakukan bahkan jika tindakan LASIK telah dilakukan beberapa tahun sebelumnya. Dokter akan memberikan saran tentang prosedur ini jika dianggap perlu.

 

Want to know more information about JEC?

Be the first to know about JEC by subscribe to our newsletter.