Cara Menghilangkan Katarak Paling Efektif

Apr 16, 2021
statistic 752

Ketika memasuki usia lanjut, sebagian besar orang mengalami keluhan sama, yakni katarak. Apa itu katarak? Katarak ialah kondisi ketika lensa mata menjadi keruh dan berawan. Kondisi ini amat mengganggu maka tak heran bila penderitanya berusaha menemukan cara menghilangkan katarak yang paling efektif.

Penderita katarak sebagian besar adalah para lansia, tetapi tidak menutup kemungkinan gangguan ini diderita oleh orang muda pula. Bahkan, katarak bisa diderita oleh bayi baru lahir yang ketika hamil ibunya menderita infeksi.

Mungkin pada awalnya penderita tidak mengalami gangguan yang berarti, tetapi lama-kelamaan katarak makin terasa mengganggu. Pada tahap parah, katarak bisa mengganggu aktivitas sehari-hari dan bisa menimbulkan kebutaan.

Namun, Anda tidak perlu khawatir berlebihan ketika Anda maupun anggota keluarga mengalami katarak. Sebab gangguan mata ini bisa diatasi dengan efektif dan cepat. Salah satunya dengan tindakan operasi katarak yang diklaim aman dan memberi hasil signifikan.

Cara Menghilangkan Katarak Terampuh

Anda pasti ingin tahu cara paling ampuh untuk menghilangkan katarak. Nah, Anda akan segera mendapatkan jawaban setelah membaca ulasan ini. Salah satu cara paling ampuh untuk menghilangkan katarak ialah dengan melakukan tindakan operasi katarak.

Bila Anda menghindari operasi, dokter akan menyarankan beberapa tindakan seperti memberi ukuran kacamata terbaru, lensa pembesar, atau kacamata hitam anti silau. Namun, bila saran tersebut kurang bisa memberi manfaat, akhirnya dokter tetap menyarankan untuk operasi katarak.

Konsep operasi katarak ialah dokter akan mengangkat lensa mata berkatarak lantas menggantinya dengan lensa buatan. Dulu keseluruhan lensa mata dikeluarkan, sehingga menimbulkan luka sayatan yang lebar. Kekurangan dari metode ini ialah proses pemulihan relatif lebih lama.

Dengan berkembangnya teknologi medis, kini lensa mata tidak dikeluarkan secara utuh melainkan dihancurkan menggunakan mesin phako dengan energi ultrasound (32.000 getaran/detik). Lalu lensa diaspirasi hingga bersih baru kemudian dipasang lensa intraocular.

Teknik operasi ini dinamakan phacoemulsification. Teknik ini diklaim memiliki proses pemulihan lebih cepat karena luka insisi kornea sangat kecil, hanya berkisar 2,5 mm. Anestesi yang digunakan pun cukup dengan tetes mata beberapa kali sebelum operasi.

Operasi katarak ini dinilai sangat aman dengan tingkat keberhasilan tinggi. Untuk itulah, banyak yang menilai bahwa cara menghilangkan katarak paling ampuh ialah melalui prosedur operasi katarak.

Saking amannya, pasien bisa pulang pada hari sama saat operasi dilakukan. Oleh karena itu, tindakan ini sangat direkomendasikan dan dipercaya mampu mengembalikan penglihatan hampir sama seperti sebelumnya.

Cara Mencegah Katarak

Bila telah terlanjur mengalami katarak, maka opsi terbaik untuk mengatasinya ialah dengan mengambil tindakan operasi. Nah, bila Anda belum mengalami kondisi ini, bukan berarti Anda bisa bersantai-santai dan tidak memperhatikan faktor risikonya.

Beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk mencegah katarak antara lain:

·         Menjalani Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat adalah solusi tepat untuk mencegah gangguan kesehatan apapun, termasuk katarak. Bila terlalu banyak konsumsi gula, biasanya orang lebih berisiko mengalami diabetes. Sedangkan diabetes sendiri merupakan salah satu penyebab katarak.

·         Menghilangkan Kebiasaan Merokok

Bila Anda mencari cara menghilangkan katarak tentu operasi jawabannya. Bila Anda ingin mencegah sedari dini, Anda bisa mulai dengan menghilangkan kebiasaan merokok.

·         Melakukan Pemeriksaan Mata secara Teratur

Terkadang gangguan mata baru terasa ketika sudah cukup parah. Supaya kondisi mata senantiasa aman, Anda disarankan untuk menjalani pemeriksaan secara rutin. Bila nantinya ada gangguan, tentu dokter akan segera melakukan tindakan secara tepat.

Itulah ulasan singkat mengenai cara menghilangkan katarak paling ampuh. Bila Anda telah mengalami tanda-tanda katarak, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Share Article fb tw wa

Want to know more information about JEC?

Be the first to know about JEC by subscribe to our newsletter.