4 Jenis Operasi Katarak untuk Memulihkan Kesehatan Mata

Aug 20, 2021
statistic 282

Operasi katarak adalah satu-satunya langkah penyembuhan penyakit mata katarak. Dalam prosedurnya, dokter akan mengganti lensa mata yang keruh agar penglihatan pasien katarak kembali normal. Saat ini terdapat beberapa jenis operasi mata katarak yang bisa menjadi pilihan. Apa saja kah itu? Simak informasinya berikut ini.

Prosedur Operasi Katarak

Umumnya, lama operasi katarak membutuhkan waktu sekitar 10–15 menit. Dokter akan mengangkat lensa mata yang keruh dan menggantinya dengan lensa buatan (IOL atau Intraocular Lens). Sebelum operasi, dokter akan mewajibkan calon pasien operasi katarak untuk melakukan pemeriksaan penunjang seperti biometri untuk mengetahui ukuran dan bentuk bola mata pasien dan pemeriksaan lainnya.

Pada saat operasi, dokter akan meneteskan obat khusus agar pupil melebar dan memberinya obat bius agar pasien tidak merasa sakit. Dokter juga akan membersihkan area mata dan memasang penyangga di kelopak mata pasien agar matanya tetap terbuka. Selanjutnya, proses penghancuran lensa dan menggantinya dengan yang baru.

Jenis Jenis Operasi Katarak

Berikut 4 macam operasi katarak yang bisa Anda pilih berdasarkan jenis penghancuran lensa:

1. Phacoemulsification  

Pada teknik ini, dokter akan menghancurkan lensa mata pasien menggunakan gelombang suara berfrekuensi tinggi. Dokter akan membuat sayatan kecil pada bola mata, lalu memasukkan alat yang mampu mengeluarkan gelombang suara ultra ke dalam lensa.

Dari situlah, lensa akan akan hancur dengan sendirinya. Sehingga dokter bisa mengangkat dan menggantinya dengan IOL. Teknik ini merupakan metode yang lebih aman dibandingkan dengan operasi katarak ECCE (ekstrakapsular). Metode ini dianggap sebagai standar modern prosedur bedah katarak. 

2. Intrakapsular

Umumnya, teknik ini mempunyai tingkat keberhasilan yang besar. Dalam teknik intrakapsular, dokter akan membuat sayatan besar untuk mengangkat seluruh lensa bersama kapsulnya dari mata. Kemudian, dokter akan memasangkan IOL persis di area lensa sebelumnya.

3. Ekstrakapsular

Kebalikan dari intrakapsular, dalam teknik operasi ekstrakapsular, dokter akan menghancurkan lensa mata dan mengangkat seluruhnya. Namun, kapsul di belakang lensa dibiarkan untuk menempatkan lensa yang baru. Biasanya dokter mengaplikasikan teknik ini pada pasien dengan katarak yang lumayan padat, sehingga proses penghancurannya lebih sulit.

4. Operasi Katarak Laser (Femtosecond Laser-Assisted Cataract Surgery)

FLACS/Operasi Katarak dengan laser merupakan terobosan operasi katarak tercanggih menggunakan laser femtosecond dengan tingkat akurasi yang tinggi, yang menjalankan keseluruhan proses operasi katarak menggunakan sinar laser, tanpa pisau bedah. Teknik ini merupakan evolusi operasi katarak yang paling canggih saat ini.

Demikian pembahasan tentang macam-macam operasi katarak. Jika Anda atau anggota keluarga Anda menderita katarak, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk segera menjalani operasi katarak. Kunjungi Jakarta Eye Center (JEC) untuk mendapatkan solusi kesehatan mata terbaik dari dokter profesional.

 

Sumber:

https://www.alodokter.com/operasi-katarak-ini-yang-harus-anda-ketahui

https://www.sehatq.com/tindakan-medis/operasi-katarak

https://www.docdoc.com/id/info/procedure/operasi-katarak

Share Article fb tw wa

Want to know more information about JEC?

Be the first to know about JEC by subscribe to our newsletter.