Groundbreaking RS Mata JEC-Orbita @Makassar

  21 Dec 2021

  5,652 Views

Share

JEC Bersiap Hadirkan Sentra Kesehatan Mata Paling Komprehensif dengan Teknologi Paling Mutakhir di Wilayah Indonesia Bagian Timur

 

  • Terdiri atas gedung sepuluh lantai berluas 8.600 meter persegi di atas lahan 1.462 meter persegi
  • Siap beroperasi pada 2023 dengan target kunjungan 50.000 pasien pada tahun pertama pembukaan
  • Prevalensi kebutaan di Sulawesi Selatan mencapai 2,6% (sedikit di bawah rata-rata nasional 3,0%)
  • Sulawesi Selatan memiliki dokter spesialis mata terbanyak kelima di Indonesia (145 orang)
  • RS Mata JEC-Orbita @ Makassar akan hadirkan one-stopped-services untuk layanan terintegrasi di satu tempat; pasien gangguan mata tidak perlu dirujuk ke tempat lain

Makassar, 4 Desember 2021 – Eye care leader di Indonesia, JEC Eye Hospitals & Clinics, resmi umumkan pembangunan cabang rumah sakit mata terbarunya, RS Mata JEC-Orbita @ Makassar. Dimulainya proses konstruksi ditandai dengan seremoni peletakan batu pertama (groundbreaking) di lahan pendirian yang berlokasi di Jl. Masjid Raya No. 75, Timungan Lompoa, Bontoala, Kota Makassar, hari ini (4/12). Seremoni turut dihadiri Drg. Atik Kurnia Sabarati, M.Kes selaku Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Dinas Kesehatan, Kota Makassar, Dr. Darwan M. Purba, SpM(K) selaku Co-founder JEC dan Komisaris Utama JEC Korporat (PT Nitrasanatha Dharma), serta Dr. Habibah S. Muhiddin, SpM(K), selaku Direktur Utama JEC-Orbita @ Makassar.

RS Mata JEC-Orbita @ Makassar disiapkan menjadi sentra kesehatan mata paling komprehensif dengan dukungan teknologi paling mutakhir di Sulawesi Selatan, dan hub strategis untuk kawasan Indonesia bagian timur. Rencananya, infrastruktur RS Mata JEC-Orbita Makassar akan berupa gedung sepuluh lantai dan satu semi-basement (dengan keseluruhan luas bangunan 8.600 persegi) dan berdiri di atas areal berluas 1.462 meter persegi. Cabang rumah sakit mata kelima dari JEC Eye Hospitals & Clinics ini akan siap beroperasi pada 2023, dengan target kunjungan sejumlah 50.000 pasien pada tahun pertama pembukaan.

“Pembangunan RS Mata JEC-Orbita @ Makassar menguatkan komitmen kami sebagai bagian dari jaringan JEC Eye Hospitals & Clinics untuk menghadirkan pusat kesehatan mata berkonsep one-stopped-services; khususnya bagi masyarakat Makassar dan umumnya bagi masyarakat di wilayah Indonesia bagian timur. Dengan konsep ini, seluruh pasien yang mengalami gangguan mata bisa mendapatkan layanan penanganan terintegrasi di satu tempat, tanpa perlu rujukan ke institusi kesehatan lain. Didukung dengan pengalaman JEC sebagai eye care leader di Indonesia, kami siap membawa RS Mata JEC-Orbita @ Makassar menjadi sentra kesehatan paling komprehensif dengan teknologi paling mutakhir di wilayah Indonesia bagian timur,” jelas Dr. dr. Habibah S. Muhiddin, Sp.M(K) selaku Direktur Utama JEC-Orbita @ Makassar.

RS Mata JEC-Orbita @ Makassar akan dibangun dan dijalankan berlandas standardisasi kualitas layanan kesehatan mata yang mengacu pada ASEAN Association of Eye Hospital (AAEH) dan World Association of Eye Hospital (WAEH). Di kedua asosiasi rumah sakit mata terkemuka tersebut, JEC turut berperan menjadi  untuk penanganan katarak dengan premium lensa, bedah refraksi (LASIK , ReLEx SMILE dan transplantasi kornea), vitreo-retinal, glaukoma, infeksi dan imunologi, okuloplasti (bedah plastik mata dan rekonstruksi), mata anak dan strabismus, mata kering/dry eye, neuro oftalmologi, low vision, lensa kontak, 3D protesa mata, hingga bank mata.

Menanggapi rencana pembangunan RS Mata JEC-Orbita @ Makassar, Drg. Atik Kurnia Sabarati, M.Kes selaku Kepala Bidang Pelayanan Kesehata, Dinas Kesehatan Kota Makassar, menyampaikan, “Kami menyambut positif dan mendukung pembangunan RS Mata JEC-Orbita @ Makassar yang disiapkan menjadi sentra kesehatan mata paling komprehensif yang diperkuat teknologi termutakhir di Makassar dan Sulawesi Selatan. Didukung pula dengan para dokter spesialis mata di Sulawesi Selatan yang tergolong kelima terbanyak di Indonesia, kami semakin optimistis bahwa Makassar mampu menjadi hub penanganan kesehatan mata terdepan untuk wilayah Indonesia bagian timur.”

Laporan InfoDATIN, Kementerian Kesehatan: “Situasi Gangguan Penglihatan” (2018)[1] memperlihatkan bahwa Sulawesi Selatan memiliki jumlah sumber daya manusia yang cukup besar, yakni 145 dokter spesialis mata; terbanyak kelima setelah DKI Jakarta dan Jawa Timur (403), Jawa Barat (304), Jawa Tengah (202). Sementara, dari sisi situasi kesehatan mata, prevalensi  kebutaan pada penduduk usia 50 tahun ke atas di Sulawesi Selatan mencapai 2,6% (hanya sedikit di bawah rata-rata nasional 3,0%). Selain itu, khusus kebutaan akibat katarak, prevalensi di Sulawesi Selatan sebesar 1,8% (dengan rerata nasional 1,9%). Hadirnya sentra kesehatan mata yang berkualitas menjadi kunci penanganan.

“Sejak berdiri pada 1984, JEC Eye Hospitals and Clinics terus berupaya untuk mendukung optimalisasi penglihatan dan kualitas hidup masyarakat Indonesia yang kami realisasikan dengan menghadirkan pelayanan klinis bertaraf internasional. Groundbreaking RS Mata JEC-Orbita ini menegaskan langkah nyata kami untuk semakin dekat dengan visi tersebut. Tidak hanya melalui layanan terintegrasi dan kemutakhiran teknologi, RS Mata JEC-Orbita juga didukung talenta sumber daya ahli kesehatan mata yang mumpuni. Harapan kami, masyarakat Makassar dan Sulawesi Selatan, bahkan mereka yang berada di wilayah Nusantara bagian timur, akan semakin peduli dan sadar untuk memeriksakan kesehatan matanya dengan mudah tanpa perlu ke luar pulau apalagi ke luar negeri,” tutup Dr. Darwan M. Purba, SpM(K), Co-Founder JEC sekaligus Komisaris Utama JEC Korporat (PT Nitrasanatha Dharma).

Saat ini, secara keseluruhan JEC Eye Hospitals and Clinics telah memiliki 13 cabang yang tersebar di berbagai kota. RS Mata JEC-Orbita @ Makassar akan menjadi rumah sakit mata kelima naungan JEC Eye Hospitals & Clinics. Sebelumnya, JEC telah mengoperasikan RS Mata JEC @ Kedoya, RS Mata JEC @ Menteng, RS Mata JEC-Primasana @ Tanjung Priok dan RS Mata JEC-Candi @ Semarang. Di samping itu, JEC juga memiliki 9 cabang kategori klinik yang tersebar di 7 kota, yaitu Klinik Utama Mata JEC @ Cibubur, Klinik Utama Mata JEC @ Tambora, Klinik Utama Mata JEC @ Cinere, Klinik Utama Mata JEC @ Bekasi serta Klinik Utama Mata Candi Eye Center (CEC) di Semarang, Klinik Utama Mata JEC-Anwari @ Purwokerto, Klinik Utama Mata JEC-Java @Surabaya, Klinik Utama Mata JEC-Orbita @  Makassar dan Klinik Utama Mata JEC-Bali @ Denpasar.

[1]InfoDATIN, Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI, “Situasi Gangguan Penglihatan” (2018); https://pusdatin.kemkes.go.id/article/view/19111100001/situasi-gangguan-penglihatan-2018.html 
icon-doctor