Blepharoplasty

Mata adalah jendela hati yang menjadi bagian pertama untuk dilihat oleh orang. Selain itu, mata juga merupakan salah satu aspek penting bagi penampilan setiap orang. Sayangnya, kelopak mata atas dan bawah akan menjadi turun dari waktu ke waktu. Hal ini terjadi karena struktur kulit disekitar mata melonggar, otot-otot disekitar mata melemah dan menonjolnya kantung-kantung lemak disekitar mata, menyebabkan penampilan mata menjadi kantung mata atau cincin mata. Kondisi ini juga dapat terjadi pada alis yang menjadi kendur atau turun.


Blepharoplasty adalah istilah yang digunakan untuk bedah kelopak mata yang bertujuan untuk memperbaiki jaringan sekitar mata yang melonggar dan kendur. Tindakan ini bertujuan untuk mencapai penampilan yang terlihat lebih muda dan memperbaiki fungsi dari kelopak mata.

Kulit, otot, atau   lemak yang berlebih harus dibuang dalam tindakan ini. Tindakan bedah biasanya dilakukan dengan anestesi lokal. Selanjutnya, sayatan dibuat mengikuti alur lipatan kulit kelopak mata, sehingga bekas sayatan tidak terlihat setelah luka kering. Sayatan ini biasanya ditutup oleh jahitan halus.

Jika alis mata juga menurun, prosedur yang disebut dengan brow lift juga dapat dilakukan di waktu bersamaan.

Rasa sedikit kurang nyaman biasanya terjadi setelah tindakan pembedahan. Kemungkinan yang terjadi setelah pembedahan adalah pembengkakan, memar dan terasa kencang disekitar mata, tetapi kondisi ini akan hilang dengan sendirinya ketikan luka jahitan sembuh. Selain itu, ada kemungkinan kecil terjadinya posisi kelopak mata yang asimetris dan kemungkinan membutuhkan tindakan operasi tambahan.

Laser karbon dioksida dapat digunakan dalam tindakan blepharoplasty dan untuk meremajakan kulit. Prosedur peremajaan kulit bagi orang Asia pada umumnya menyebabkan pigmen yang berlebihan ketika terpapar matahari. Oleh sebab itu, penting untuk menggunakan krim tabir surya atau sunblock sebagaimana yang disarankan oleh dokter. Hindari paparan sinar matahari selama kurang lebih 6 minggu dengan menggunakan topi atau paying ketika berada diluar ruangan. Pigmen akan menghilang dengan sendirinya setelah 6 bulan dan memberikan hasil kulit yang lebih halus dan terlihat lebih muda.

Bedah kosmetik kelopak mata harus selalu dilakukan oleh dokter bedah berkualifikasi dan terlatih yang sesuai dengan spesialisasinya , karena kesalahan tindakan selama operasi dapat menyebabkan permasalahan yang lebih parah lagi.