Kiat Mengatasi Ketergantungan Anak-Anak Pada Kacamata.
September 14, 2016

“Dok, anak saya baru berumur tujuh tahun tetapi matanya sudah minus. Saya sangat terpukul saat mengetahui buah hati saya ini harus mengenakan kacamata sampai dewasa.” Ungkap seorang ayah yang menceritakan kondisi buah hatinya kepada Dokter Trirahayu MD, Fiacle pada kesempatan seminar bertajuk “Kiat Mengatasi Ketergantungan Anak-Anak Pada Kacamata”

Seminar hari Sabtu kemarin ini memang membahas kiat membebaskan buah hati kita dari kacamata, sehingga mereka bisa berkegiatan lebih leluasa tanpa kacamata. 

Dr. Trirahayu Kemudian mengungkapkan kiat pertama untuk mengatasi ketergantungan anak pada kacamata adalah menggunakan Ortho-K Lens.


Ortho-K Lenses (Orthokeratology)

Ortho-K Lenses adalah lensa kontak yang didesain khusus untuk dipakai saat tidur di malam hari. Lensa ini akan menekan dengan lembut bagian depan mata dan membentuk kornea untuk memperbaiki pandangan. Konsep ini mirip dengan konsep kawat gigi untuk memperbaiki susunan gigi menjadi lebih rapih. 

Setelah dipergunakan saat tidur, maka di pagi hari akan terjadi penyesuaian mata minus. Jika rutin digunakan, biasanya minus di mata akan terkoreksi sampai minus 4 dan silinder sampai 1.50 D. Lensa ini aman dipergunakan saat tidur, karena teknologinya bisa mengizinkan oksigen masuk dan mata tetap dapat bernafas dengan lancar. 

Semua orang bisa menggunakan lensa Ortho-K ini untuk memperbaiki penglihatan atau untuk mencegah bertambahnya nilai minus atau silinder di mata, sehingga penggunanya bisa berkegiatan dengan bebas di siang hari tanpa tergantung kacamata.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Ortho-K Lenses ini, kita bisa menghubungi JEC untuk mendapatkan pelayanan terbaik.


Perbanyak Aktifitas Luar Ruang

Kiat kedua untuk mengatasi myopia adalah memperbanyak aktifitas luar ruang, yang juga berarti membatasi gadget time pada anak-anak. 

Maka itu di sesi kedua, dibawakan oleh Ine Indriani, M.Psi, yang membagikan kiat bermain bersama si kecil tanpa gadget.  


Playing time dengan si kecil tanpa gadget. 

Waktu untuk bermain bersama antara orang tua dengan anak merupakan sesuatu yang sangat berharga. Dengan bermain bermain bersama anak, orangtua dapat meningkatkan kelekatan (bonding) dengan buah hatinya. Juga meningkatkan rasa percaya diri dan mengurangi kecenderungan masalah emosi pada anak. 

Bermain bersama antara anak dan orangtua juga memberi manfaat sebagai berikut:

- Membantu kematangan motorik (kasar dan halus)

- Membantu perkembangan logika berikir, IQ, dan penyelesaian masalah.

- Membantu kematangan emosi anak (kepercayaan diri, kontrol emosi, dan meminimalisir stress)

Selain itu, menurut sebagian besar dokter mata di seluruh dunia, bermain bersama ini juga membantu menghambat berkembangnya mata minus pada anak jika dilakukan di luar ruang (outdoor activities)

Mengapa bermain di luar ruang bisa membantu menghambat mata minus?

- Mata akan terlatih untuk melihat jarak jauh.

- Paparan matahari akan membantu kulit memproduksi Vitamin D.

- Paparan pada sinar yang terang akan membantu retina menghasilkan dopamine yang membantu pertumbuhan pada anak.

Supaya anak-anak tertarik bermain bersama orangtua dan melepaskan gadgetnya, berikut ada beberapa tips untuk orangtua saat bermain: 

- Pastikan dulu bahan mainannya aman. 

- Hadir secara fisik dan mental, artinya orangtua jangan terdistraksi juga oleh gadget miliknya atau distraksi lainnya.

- Memberikan pujian yang spesifik pada perilaku positif. Misal: “Mama senang deh abang tadi membantu adik berdiri lagi dari jatuh”.

- Senyum 

- Kontak fisik seperti merangkul anak, menggosok punggung, atau mengusap rambut.

- Ungkapan rasa senang. 

Setelah mendapatkan kiat-kiat untuk bermain bersama, para orangtua bisa lansung mempraktikkannya dengan bersama-sama anak-anaknya menghias cookies dari Pipiltin Cocoa. 


Tri Rahayu Dokter Mata Kedoya Jakarta

Dr. Tri Rahayu, SpM(K), FIACLE tengah menjelaskan manfaat dari Ortho-K Lens dalam mengurangi minus pada mata anak.





Ine Indriani Psikolog Anak Ine Indriani, M.Psi psikolog anak di JEC sedang menjelaskan kiat-kiat bermain bersama anak-anak


Menghias kue  Anak-anak menghias kue bersama orangtuanya setelah seminar


Pemeriksaan mata gratis Jakarta

Anak-anak melakukan pemeriksaan mata.