LENSA KONTAK : ANJURAN DAN KEUNTUNGAN PENGGUNAAN
Masih banyak di antara kita yang menggunakan lensa kontak tidak sesuai dengan yang dianjurkan oleh dokter mata. Seperti, menggunakan lensa kontak saat mandi, atau menggunakan lensa kontak saat tidur (kecuali orthokeratology). Bagaimana semestinya? Berikut ini, kita akan menjabarkan hal-hal tersebut satu per satu.

Di samping itu, kita juga akan membahas apa saja keuntungan penggunaan lensa kontak dibandingkan kacamata. Kemudian, pertanyaan umum yang acapkali ditanyakan publik, apakah lensa kontak bisa menghambat progresivitas rabun jauh? Dan tentunya, juga akan memaparkan berbagai informasi penting lainnya tentang lensa kontak. 


Tidak ada lensa kontak yang membuat mata terasa sakit, jika iya maka mungkin terdapat masalah pada mata anda. 

Bolehkah mandi dengan lensa kontak terpasang pada mata?
Mandi dengan lensa kontak terpasang tidak direkomendasikan. Sebaiknya lensa kontak dipasang setelah mandi. Lensa kontak sebaiknya tidak memiliki kontak dengan air jenis apapun. Penyakit kornea dengan penyebab Achantamoeba hidup pada air kolam renang, air keran dan sauna.

Apabila lensa kontak digunakan saat mandi, sebaiknya mata selalu dalam keadaan terpejam. Apabila secara tidak sengaja terkena air, teteskan lubrikan lalu lepaskan lensa kontak dengan tangan yang bersih dan kering. Lalu, bersihkan kembali lensa kontak sebelum memasangkannya kembali atau buang lensa kontak. Jangan memakai lensa kontak yang sudah terkena kontak dengan air tanpa membersihkannya terlebih dahulu.

Bolehkah tidur dengan menggunakan lensa kontak?
Tidur dengan lensa kontak terpasang meningkatkan resiko infeksi 5x lebih tinggi. Dalam keadaan mata tertutup, suplai oksigen ke mata berkurang, sehingga dapat menimbulkan bengkak pada kornea. Walaupun terdapat beberapa materi lensa kontak yang dapat dipakai saat tidur (RGP extended wear/orthokeratology), sebaiknya diskusikan dengan dokter mata spesialis lensa kontak terlebih dahulu.

Apa keuntungan penggunaan lensa kontak dibandingkan kacamata?
  • Lensa kontak salah satu pilihan metode dalam meningkatkan penglihatan tanpa mengubah penampilan, terutama yang tidak percaya diri menggunakan kacamata.
  • Penglihatan yang lebih tajam dikarenakan tidak terapat halangan dari bingkai kacamata, sehingga lapang pandang lebih luas.
  • Penglihatan perifer yang lebih baik.
  • Lensa kontak tidak megakibatkan keadaan berembun (fogging) seperti pada kacamata.
  • Tidak terkena percikan air hujan.
  • Lensa kontak tidak menggangu aktivitas, khususnya bagi yang rutin melakukan kegiatan olahraga dan rekreasi luar ruangan lainnya.
Dapatkah lensa kontak menghambat progresivitas rabun jauh?
Ya. Pada banyak penelitian terbukti lensa kontak keras yang dipakai pada malam hari saat anda tidur (orthokeratology), dapat memperlambat dan menghentikan pemanjangan bola mata, yang merupakan penyebab rabun jauh (myopia).

Apakah orang yang menggunakan lensa kontak lebih mungkin menderita terkait computer vision syndrome
Penggunaan komputer menyebabkan mata lelah, iritasi dan mata kering. Pengurangan rasio kedipan mata dan kedipan yang tidak tertutup sempurna nyata terjadi pada Anda yang memiliki kegiatan sehari-hari dengan komputer.

Individu pengguna lensa kontak dengan kegiatan menggunakan komputer memiliki tingkat kekeringan mata dan iritasi lebih tinggi dibandingkan dengan individu yang tidak menggunakan lensa kontak. Rasa tidak nyaman pada mata biasanya timbul setelah penggunaan komputer lebih dari 4 jam. 

Penggunaan lubrikan dapat menghilangkan ketidaknyamanan dan kekeringan pada mata. Diskusikan dengan dokter mata anda berapa lama sebaiknya pemakaian lensa kontak anda.Jangan lupa untuk mengistirahatkan mata sejenak dari komputer, menjaga jarak mata dengan komputer, dan menempatkan komputer lebih rendah dari mata.

Bolehkah pasien dengan mata kering menggunakan lensa kontak?
Sejalan dengan pertambahan usia, mata dapat bertambah kering dan dapat menyebabkan pemakaian lensa kontak kurang nyaman. Namun, dengan materi lensa yang tepat, jadwal penggunaan yang benar, serta perawatan lensa kontak, cairan lensa dan tetes lubrikan yang cukup penggunaan lensa kontak akan berhasil dan nyaman. Cara satu-satunya untuk mengetahuinya adalah sering melakukan kunjungan ke dokter mata spesialis lensa kontak sehingga pemeriksaan dan evaluasi tambahan dapat dilakukan.

Dapatkah saya menggunakan lensa kontak setelah LASIK?
LASIK dapat meningkatkan penglihatan dengan signifikan. Jika anda memiliki penglihatan yang sangat buruk tanpa alat bantu penglihatan anda akan merasakan perbedaan bermakna setelah lasik. Pada beberapa keadaan, LASIK menghaslkan penglihatan yang sedikit kabur pada beberapa derajat.Lensa kontak merupakan pilihan terapi dalam keadaan ini. Ketika ketebalan kornea menjadi terlalu tipis setelah LASIK, lensa kontak dapat membantu menajamkan penglihatan dan merupakan pilihan terbaik.

Lensa kontak terbaik yang dapat digunakan pasca LASIK adalah lensa kontak RGP. Berbeda dengan soft lens, RGP menciptakan replikasi dari kontur kornea dengan kontaknya dengan kornea, dan menghilangkan aberasi pasca LASIK.

Pada akhirnya, dengan tak jemu-jemunya kembali mengingatkan pada pembaca sekalian, selalu konsultasikan dengan dokter mata Anda bila saat ini Anda adalah pengguna lensa kontak agar terhindar berbagai risiko dan komplikasi. Demikian juga halnya bagi Anda yang ingin menggunakan lensa kontak, tanyakan pada dokter mata terlebih dahulu, karena hanya dokter mata yang dapat menentukan apakah lensa kontak merupakan pilihan yang tepat bagi Anda. Ingatlah bahwa mata adalah bagian yang sangat penting dalam diri Anda, tanpa mata yang sehat aktifitas Anda dapat terganggu.

Salam.